HOME, Bugar

Cara Alami Membersihkan Kotoran Telinga. Simak Penjelasannya di Sini!

Cara Alami Membersihkan Kotoran Telinga. Simak Penjelasannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Membersihkan telinga tidak boleh asal-asalan. Pasalnya, telinga adalah salah satu organ yang sangat penting dan sensitif. 

Anda harus berhati-hati ketika membersihkan telinga. Kotoran telinga biasanya berupa gumpalan lunak yang diproduksi secara alami dari kelenjar minyak di liang telinga. Kotoran telinga yang menumpuk tentu perlu ditangani dengan baik. 

Baca Juga: Punya Betis Besar? Coba Lakukan 5 Olahraga Ini Buat Mengecilkannya!

Dilansir dari Cleveland Clinic dan Everyday Health, inilah beberapa cara membersihkan kotoran telinga secara alami yang bisa Anda lakukan, antara lain:   

1. Pakai minyak zaitun atau baby oil

Cara membersihkan kotoran telinga secara alami yang pertama adalah pakai minyak zaitun atau baby oil. Penumpukan earwax dapat terjadi karena bagian dalam telinga yang terlalu kering. 

Jika masalah ini Anda alami, Anda dapat melembapkan bagian dalam telinga dengan menggunakan minyak zaitun atau baby oil. 

Cukup dengan meneteskan beberapa tetes minyak ke telinga yang bermasalah dan tunggu kira-kira lima menit. 

2. Bersihkan dengan air hangat

Cara membersihkan kotoran telinga secara alami yang kedua adalah membersihkan telinga dengan air hangat.  

Jika Anda tidak memiliki riwayat gangguan telinga sebelumnya, sebaiknya bersihkan telinga secara rutin menggunakan kain bersih atau kasa steril dengan air hangat. 

3. Gunakan tetes telinga

Cara membersihkan kotoran telinga secara alami yang ketiga adalah menggunakan tetes telinga. Ini menjadi salah satu cara yang dapat membantu mengeluarkan kotoran telinga.  

Agar obat bekerja efektif mempercepat kesembuhan Anda, penting untuk memastikan cairan obat benar-benar masuk hingga ke dalam saluran telinga. 

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal yang Mengganggu

4. Lakukan pemeriksaan telinga rutin ke dokter THT

Cara membersihkan kotoran telinga secara alami yang keempat adalah melakukan pemeriksaan telinga rutin ke dokter THT.  

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, ada satu lagi solusi terbaik untuk membersihkan atau mengeluarkan kotoran telinga. 

Cara membersihkan telinga terbaik sebenarnya dengan mengunjungi dokter THT Anda untuk mendapatkan pembersihan telinga profesional.  

Itulah beberapa cara membersihkan telinga secara alami yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memenuhi kebutuhan medis yang disarankan oleh dokter THT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News