Santai

Cara Aktifkan Autentikasi Dua Faktor di Twitter Secara Gratis agar Lebih Aman

Cara Aktifkan Autentikasi Dua Faktor di Twitter Secara Gratis agar Lebih Aman

MOMSMONEY.ID - Fitur Autentikasi Dua Faktor di Twitter sudah mulai berbayar. Twitter telah mulai menagih pengguna yang berlangganan. Akan tetapi, ada cara aktifkan Autentikasi Dua Faktor di Twitter secara gratis. 

Artikel ini memberikan cara aktifkan Autentikasi Dua Faktor di Twitter secara gratis. Jadi, pengguna tidak perlu berlangganan dan membayar. 

Seperti diketahui, fitur Autentikasi Dua Faktor berbasis SMS untuk melindungi akun Twitter lebih aman. Namun, pengguna harus berlangganan Twitter Blue untuk menikmati fitur tersebut. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir, mengingat orang masih dapat mengatur autentikasi dua faktor secara gratis dan tidak perlu membeli langganan. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Komentar di Instagram, Ketahui Penyebabnya

Mengutip India Today, fitur Autentikasi Dua Faktor adalah fitur penting yang harus diaktifkan pengguna untuk setiap akun media sosial guna menambah keamanan. 

Setelah fitur diaktifkan, Anda perlu memverifikasi ulang identitas Anda dengan memberikan nomor keamanan sekunder untuk masuk ke akun.

Kata sandi 2FA adalah sesuatu yang hanya Anda miliki dan karenanya, keamanannya berlipat ganda untuk semua akun Anda.

Setelah 2FA diaktifkan, pertama-tama Anda harus masuk menggunakan kata sandi biasa, lalu memasukkan nomor keamanan tambahan untuk mengakses akun Anda di perangkat apa pun.

Saat ini, Twitter memutuskan untuk menghapus Autentikasi Dua Faktor berbasis SMS. Hal tersebut karena 2FA berbasis SMS dapat disalahgunakan oleh orang tak bertanggungjawab. 

Baca Juga: Bukan Diblokir, Ini Arti User Not Found di Instagram Beserta Penyebabnya

Lalu, bagaimana cara aktifkan Autentikasi Dua Faktor di Twitter secara gratis?

Sebelum memulai aktifkan Autentikasi Dua Faktor secara gratis, perlu diingat bahwa Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi autentikasi pihak ketiga yang andal menggunakan Play Store.

Ada beberapa opsi dan orang dapat memilih untuk mengunduh aplikasi Google Authenticator, aplikasi Microsoft Authenticator, atau aplikasi Authy.

Berikut langkahnya :

1. Pertama-tama Anda harus membuka Twitter dan mengunjungi bagian Pengaturan. 

(Di komputer, Pengaturan langsung terlihat di sisi kiri layar. Di ponsel, pengguna Android perlu mengetuk gambar profil dan mengetuk Pengaturan dan Privasi.)

2. Pengguna Android sekarang perlu mengetuk "Keamanan dan akses Akun."

3. Ketuk lagi Keamanan dan Otentikasi dua faktor.

Baca Juga: Fitur Centang Biru Instagram dan Facebook Bakal Berbayar, Ini Tarifnya!

4. Aktifkan opsi aplikasi Otentikasi dan ketuk Mulai. Anda sekarang akan mendapatkan kode QR.

5. Buka aplikasi Otentikasi pihak ketiga yang Anda unduh dan pindai kode QR yang Anda lihat di aplikasi Twitter.

6. Sekarang, masukkan kode numerik enam digit yang Anda dapatkan di aplikasi Otentikasi.

Aktifkan metode autentikasi sebanyak mungkin

Terkadang Anda lupa membawa ponsel dan meninggalkannya di rumah. Jadi menghapus autentikasi dua faktor tidak membantu.

Sebagai gantinya, tambahkan beberapa metode autentikasi dua faktor sehingga Anda dapat membuka dengan salah satu metode autentikasi dua faktor. 

1. Buka Twitter, klik Lainnya > Pengaturan dan dukungan > Pengaturan dan privasi > Keamanan dan akses akun > Keamanan > Autentikasi dua faktor, dan aktifkan mode autentikasi lainnya.

Baca Juga: Cara Buat Slide Foto di TikTok yang Lagi Ngetren Tanpa Perlu Instal Aplikasi Tambahan

2. Anda memiliki tiga pilihan. Otentikasi pesan teks, Otentikasi Aplikasi, dan Otentikasi kunci keamanan. Saat Anda mengaktifkan autentikasi pesan teks, OTP secara otomatis mengirimkan ke nomor telepon yang telah Anda gunakan di profil Twitter.

3. Namun untuk mengaktifkan autentikasi aplikasi dan opsi Kunci keamanan, Anda perlu menyambungkan ponsel atau menggunakan kunci keamanan fisik.

Nah itulah cara aktifkan Autentikasi Dua Faktor di Twitter secara gratis tanpa perlu berlangganan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News