HOME, Keluarga

Canggih! Inilah Beberapa Tanaman Hias dengan Fungsi Pembersihan Udara

Canggih! Inilah Beberapa Tanaman Hias dengan Fungsi Pembersihan Udara

MOMSMONEY.ID - Tanaman hias tidak hanya cantik dan menarik untuk dikoleksi. Namun, tanaman hias juga dapat membuat lingkungan menjadi tampak lebih asri dan sejuk.

Selain untuk fungsi estetika, tanaman hias ternyata memiliki fungsi lain yang luar biasa yakni mampu membersihkan udara secara alami.

Dari banyaknya tanaman hias yang ada, berikut beberapa tanaman hias yang mampu membersihkan udara dari berbagai senyawa kimia berbahaya:

Lili Paris (Chlorophytum comosum)

Dikenal juga dengan nama Spider Plant atau tanaman laba-laba, Lili Paris berbentuk sekumpulan daun yang menjulur. Tak hanya hijau, tanaman yang satu ini juga memiliki corak putih memanjang di bagian tengah atau sisi daun. Tidak memerlukan lahan yang luas, Lili Paris akan terlihat lebih cantik jika ditanam di pot gantung.

Baca Juga: Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Dalam Rumah

Lili Paris termasuk tanaman yang aman untuk anak-anak maupun hewan. Selain aman, tanaman ini juga mampu menghilangkan senyawa kimia formaldehida dan xyleneFormaldehida sendiri merupakan zat formalin sedangkan xylene adalah suatu zat yang bisa menyebabkan pusing, mual, muntah, hingga iritasi kulit.

Untuk perawatannya, Moms bisa menyiram Lili Paris ini dengan air sebanyak 2-3 kali seminggu.

Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Sirih Gading memiliki batang yang tumbuh merambat dengan daun yang lebar. Adapun daun dari tanaman ini memiliki corak kuning di antara warna hijau. Sirih Gading sendiri mampu tumbuh dengan panjang mencapai 8 kaki.

Moms bisa menanam tanaman ini di dalam pot. Jika batang Sirih Gading yang menjulur dianggap mengganggu, Moms bisa memberikan penyangga kayu agar tanaman ini tumbuh ke atas mengikuti penyangga. Atau, Moms cukup pangkas juluran batang Sirih Gading yang dirasa terlalu panjang.

Agar tetap hidup, Moms bisa menyiram Sirih Gading ketika tanahnya sudah mulai mengering. Meski beracun untuk kucing dan anjing, namun Sirih Gading mampu membersihkan udara dalam ruangan secara alami. Selain itu, Sirih Gading juga bisa menghilangkan berbagai zat merugikan seperti formaldehida, xilena, toluena, benzena, dan karbon monoksida.

Baca Juga: Pelihara Kaktus Dapat Meningkatkan Kondisi Fisik dan Mental

Karet Merah (Ficus elastica)

Berasal dari India, tanaman ini memiliki tampilan daun berwarna hijau keunguan. Akar dari Karet Merah tumbuh ke atas dan tidak jarang membelit bagian batang. Karet Merah sendiri menyukai hidup dengan cahaya yang terang.

Agar tetap lembab, Moms bisa menyiram Karet Merah dengan air secukupnya. Suatu waktu, pangkas dan bersihkan daunnya agar tanaman ini tetap terlihat cantik.

Karena termasuk beracun untuk hewan, pastikan Moms menempatkan Karet Merah jauh dari jangkauan kucing dan anjing ya Moms.

Meskipun begitu, yang pasti Karet Merah berguna untuk membantu menghilangkan karbon monoksida, formaldehida, dan trichloroethylene. Asal Moms tahu, trichloroethylene yang banyak ditemukan dalam bahan pembersih berisiko memicu kanker dan penyakit parkinson lho Moms.

Sri Rezeki / Chinese Evergreen (Aglaonema)

Termasuk sebagai salah satu tanaman hias yang paling populer, Sri Rezeki berasal dari hutan tropis Asia. Sri Rezeki memiliki bentuk daun yang lebar memanjang dengan corak yang cantik. Selain itu, tanaman ini memiliki akar serabut dengan batang tidak berkayu (non-kambium).

Sri Rezeki menyukai kelembaban yang tinggi. Sebelum menyiramnya, pastikan terlebih dahulu tanah dalam kondisi hampir mengering. Kemudian, barulah siram tanaman ini dengan air secukupnya.

Untuk menjaga kelangsungan hidup Sri Rezeki, Moms bisa melakukan repotting atau memindahkan tanaman ini ke dalam pot yang baru setiap tahunnya.

Perawatan Sri Rezeki memang sedikit merepotkan, namun kegunaan yang dimilikinya begitu luar biasa. Tanaman ini diklaim mampu mengeluarkan banyak racun yang ada di dalam udara. Sri Rezeki mampu menghilangkan benzena, karbon monoksida, formaldehidatrichloroethylene, dan masih banyak lagi.

Jika Moms memelihara anjing, pastikan untuk menjauhkannya dari Sri Rezeki ya Moms karena tanaman ini tergolong beracun bagi anjing.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman dengan fungsi pembersihan udara yang mampu membantu membersihkan udara dari zat-zat beracun secara alami. Apakah Moms sudah memilikinya atau belum sama sekali?

Jika belum, tidak ada salahnya lho Moms untuk mulai menanamnya sekarang juga.

Selanjutnya: Simpan Tanaman di Dalam Ruangan Benarkah Bikin Sehat?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News