Camilan Sehat, Inilah Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kacang Mete untuk Kesehatan

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 30 November 2022 | 14:00 WIB
Camilan Sehat, Inilah Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kacang Mete untuk Kesehatan


MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat dan kandungan nutrisi kacang mete untuk kesehatan.

Kacang mete adalah salah satu kacang yang rendah serat. Kebaikan lain yang juga dibawa oleh kacang satu ini adalah kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. 

Kacang yang diambil dari buah jambu mete alias jambu monyet ini memiliki kalori yang cukup tinggi, serta mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat.  Kacang mete juga mengandung vitamin K, vitamin E, folat, dan vitamin B, kalsium, natrium, kalium, magnesium, fosfor, zinc, dan zat besi. 

Dirangkum dari Medical News Today, beberapa manfaat dan kandungan nutrisi kacang mete untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Melindungi dari penyakit jantung

Manfaat dan kandungan nutrisi kacang mete untuk kesehatan adalah melindungi dari penyakit jantung. 

Tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah, manfaat kacang mete juga dapat melindungi dari penyakit jantung karena dapat menurunkan kolesterol LDL yang jahat. 

Kandungan magnesium dalam kacang mete turut berperan dalam melindungi tubuh dari penyakit jantung. 

Baca Juga: Bisa Dicoba, Ini Daftar Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kacang mede mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Kandungan keduanya dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. 

Kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang relatif rendah dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, stroke, dan serangan jantung. 

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat dan kandungan nutrisi kacang mete untuk kesehatan berikutnya membantu menurunkan berat badan. 

Tubuh membutuhkan energi yang banyak untuk mencerna kacang dan seluruh kalori dalam kacang tidak semuanya dapat diserap oleh tubuh dan bisa membantu menurunkan berat badan.  

4. Mencegah batu empedu

Manfaat dan kandungan nutrisi kacang mete untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah batu empedu. 

Studi menemukan bahwa konsumsi 143 gram kacang dapat menurunkan risiko penyakit batu empedu dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi 28,6 gram kacang tiap minggunya. 

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes

5. Membantu metabolisme tubuh

Manfaat kacang mete yang tinggi mangan dapat membantu metabolisme kolesterol, lemak, dan protein dalam tubuh. Proses tersebut dibutuhkan untuk membuat protein yang dapat berguna untuk penyembuhan luka. 

Beberapa manfaat kacang mete tersebut menjadikannya sebagai sumber makanan yang baik untuk kesehatan. Namun hati-hati, sebagian orang berisiko mengalami reaksi alergi jika mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang mete. 

Apabila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasilah lebih lanjut dengan dokter untuk menentukan apakah kacang mete aman untuk Anda konsumsi. 

Itulah beberapa manfaat dan kandungan nutrisi kacang mete untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER