Santai

Camilan Manis Gurih ala Timur Tengah di Sweet Damaskus

Camilan Manis Gurih ala Timur Tengah di Sweet Damaskus

MOMSMONEY.ID - Untuk menikmati umm ali dan kunafa, tak harus ke restoran mahal, lo. Anda bisa cicipi di gerai sederhana Sweet Damaskus di Bogor.

Lelaki paruh baya berperawakan tinggi besar itu, tampak santai memainkan adonan tepung hingga bertekstur memanjang layaknya bihun.

"Maaf kalau mau pesan kunafa tidak bisa hari ini. Ini saya sedang bikin adonannya,"terang lelaki berwajah Timur Tengah itu.

Lelaki yang asli Timur Tengah itu bernama Yahya. Dia sudah setahun ini membuka gerai Sweet Damaskus, kedai makanan khas Timur Tengah.

Makanan yang dijualnya tidak umum ada di gerai jajanan khas Timur Tengah di kawasan Bogor. 

Yahya bukan sekadar jualan kebab, samosa, nasi kebuli, nasi mandhi, atau nasi bukhori. 

Baca Juga: Mencicipi Kuliner Olahan Bebek Citra Raya

Tapi, ada banyak menu lain yang jika di Indonesia hanya ditemui di restoran besar. Misalnya umm ali, kunafa, baklawa, ma'mul, dan falafel. 

Semua makanan itu tidak ready stok kecuali baklawa. Baklawa merupakan pastry khas Turki dengan variasi isian, ada isi walnut, almond dan kacang pistachio. Citarasa baklava ini cukup manis.

"Tapi manisnya baklawa di sini sudah disesuaikan lidah orang Indonesia. Dulu saya pernah dikasih orang Turki, rasa aslinya sangat-sangat manis," terang Ferry, pengunjung yang sudah datang sebelum jam buka Sweet Damaskus.

Seperempat kilogram (kg) Baklawa dijual seharga Rp 100.000. Bagi yang tidak suka manis, 2 iris baklava sudah cukup mengobati rasa kepingin. Sebab, sekalipun berbentuk mungil tapi teksturnya padat dengan citarasa manis. 

Menu lain yang wajib dicoba adalah kunafa, sebab menu ini sangat jarang ditemui di gerai jajanan di tanah air. 

Kunafa merupakan hidangan pencuci mulut. Bahan utamanya adalah gandum yang dibentuk seperti bihun dengan citarasa gurih. 

"Adonannya harus tepat. Kalau tidak teksturnya jadi keras atau alot. Dia harus lembut teksturnya," kata Yahya. 

Baca Juga: Jajal Kuliner Sunda di Warung Nasi Urang Sunda Khas Cianjur

Setelah adonan itu membentuk untaian-untain bihun yang lembut, maka ketika akan disajikan dibentuk bulat dengan diameter 15 cm. Lalu, digoreng dalam minyak samin sampai kecoklatan. 

Setelah bihun diangkat barulah dilumuri dengan keju sambil dipipihkan. Lalu, disajikan dengan cara dibalik. 

Adonan yang seperti bihun di bagian atas sementara adonan kejunya di bagian bawah. Kemudian, diguyur dengan gula cair dan ditaburi kacang pistachio.  

Kunafa cocok dimakan dalam kondisi panas atau hangat. Lumeran kejunya bikin geleng kepala. 

Adonannya yang lembut dan sedikit kriuk di bagian luar dengan citarasa gurih manis klop banget dipadu sama kejunya yang lembut dengan citarasa gurih. 

Satu loyang kunafa seharga Rp 70.000 ini bisa untuk dua orang. 

"Kalau dimakan dingin juga enak tapi tidak akan menemukan sensasi lelehan kejunya," terang Lia, isteri Yahya. 

Baca Juga: Nasi Bebek Madura Ibu Lala, Pedas Nampol Bikin Ketagihan

Menu lain di gerai ini yang nikmat disantap hangat-hangat atau panas-panas adalah umm ali. Ini merupakan hidangan penutup yang diolah dengan cara dipanggang. 

Bahan yang terkandung dalam umm ali antara lain remahan kasar kacang mede, kacang almond, pistachio, potongan roti, dan kismis. 

Semua bahan itu dicampur dalam wadah alumunium foil kemudian diguyur dengan susu cair, plus  taburan bubuk kayu manis dan rempah lain. 

Kemudian, adonan dipanggang hingga bagian atasnya berwarna kecoklatan. Jika sudah kecoklaatan kemudian ditaburi dengan bubuk kacang pisthacio dan sajikan hangat-hangat.

Biasanya umm ali ini jadi hidangan untuk buka puasa, karena rasanya manis, gurih, dan ada sensasi asam dari kismis. Teksturnya lembut tapi creamy. 

Aroma wangi si kayu manis benar-benar menggugah selera. Seporsi umm ali harganya Rp 60.000. 

Baca Juga: Cicip Kopi Lokal di Togu Coffee Roastery

Bikin sendiri

Citarasa otentik yang disajikan Yahya ternyata bikin ketagihan pelanggannya. Gerai sederhananya tak pernah sepi pembeli yang datang dari luar Bogor seperti Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

"Kami jaga citarasa biar pembeli puas. Kami pakai bahan pilihan dan buat sendiri. Bahkan keju dan mayonais kami bikin sendiri," kata Yahya. 

Untuk bahan baku, Lia menambahkan jika semua tersedia di Indonesia. 

Sudah tak sabar mencicipi? Gerai ini buk asetiap hari, mulai jam 2 siang sampai jam 9 malam.  

Sweet Damaskus
Jl. Villa Citra Bantarjati 3 No.1, RT.1/RW.13, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor
0878-8343-5334
Koordinat GPS: -6.5725252,106.8177724,15

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News