Bugar

Cacar Monyet Sudah di Indonesia, Waspadai Beberapa Tempat Penyebarannya

Cacar Monyet Sudah di Indonesia, Waspadai Beberapa Tempat Penyebarannya

MOMSMONEY.ID - Masyarakat Indonesia perlu lebih waspada karena laporan terbaru menyatakan wabah cacar monyet telah terkonfirmasi di Indonesia dan menyasar pria berusia 27 tahun.

Pasien asal DKI Jakarta tersebut sebelumnya memiliki riwayat perjalanan ke negara yang masuk dalam daftar kasus cacar monyet.

Pria tersebut kemudian diminta menjalani isolasi mandiri untuk mencegah penularan lebih lanjut. Pasalnya, cacar monyet bisa menyebar lewat kontak kulit.

Maka dari itu, masyarakat perlu waspada saat mengunjungi tempat keramaian dan sesak untuk mencegah penularan virus lewat kontak kulit.

Baca Juga: Kenali Cara Tepat Isoman untuk Pengidap Cacar Monyet

Dilansir dari Litbang Kemkes, ada beberapa tempat yang rentan menjadi penyebaran virus cacar monyet dan sebaiknya dihindari, antara lain: 

Konser musik

Situasi konser musik cenderung ramai dan sesak. Namun, ahli menyatakan risiko penularan di konser musik tergolong rendah hingga sedang.

Risiko meningkat ketika seseorang berkontak dari kulit ke kulit dalam waktu lama dengan pengidap cacar monyet. Disarankan untuk mengenakan pakaian lengan panjang jika berencana mengunjungi konser musik.

Tempat GYM

Risiko penularan cacar monyet di tempat gym juga masih dalam kategori rendah. Disarankan melakukan tips di bawah ini untuk mencegah penularan cacar monyet:

  • Rutin mencuci tangan
  • Didisinfeksi peralatan gym secara rutin
  • Mengenakan pakaian lengan panjang
  • Menggunakan handuk yang bersih atau membawa handuk sendiri dari rumah

Baca Juga: Inilah Fakta Penting tentang Vaksin Cacar Monyet yang Perlu Diketahui

Berhubungan intim

Penelitian terkini menyatakan cacar monyet mudah menular melalui hubungan seks. Virus ini ditemukan dalam air mani, kotoran, urine, darah, dan air liur.  

Menurutnya, aktivitas seksual berisiko paling tinggi menularkan virus cacar monyet. Terutama antara laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.

Transportasi umum

Penularan di transportasi umum lewat kontak kulit maupun permukaan sangat rendah risikonya. Tertular virus dari udara juga tidak mungkin terjadi. 

Kalaupun Anda duduk bersebelahan dengan pengidap cacar monyet yang punya pakaian minim, risiko untuk tertular tetap rendah.

Pasalnya, jenis transportasi tersebut dilengkapi dengan penyaringan udara yang mampu meminimalisir penyebaran virus. 

Selain menghindari aktivitas dan tempat yang menjadi sarana penularan cacar monyet, Anda juga butuh vitamin agar daya tahan tubuh makin terjaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News