Cabai Carolina Reaper, Cabai Terpedas di Dunia

Reporter: Ana Risma
Rabu, 07 Juli 2021 | 20:00 WIB
Cabai Carolina Reaper, Cabai Terpedas di Dunia

MOMSMONEY.ID - Cabai Carolina Reaper memiliki nama ilmiah yakni Capsicum chinense. Berbeda dengan cabai rawit, Carolina Reaper memiliki bentuk buah lebih bulat mirip ceri keriput.

Cabai Carolina Reaper berhasil mendapat gelar sebagai yang terpedas di dunia pada tahun 2013. Tingkat kepedasan Carolina Reaper bahkan berhasil mengalahkan Trinidad Scorpion "Butch T" sebagai pemegang gelar sebelumnya. Gelar sebagai cabai paling pedas di dunia tersebut diberikan oleh pihak Guinness World Record.

Dilihat dari pencapainnya, apa saja ya keunikan yang ada pada cabai Carolina Reaper? Yuk, simak 5 faktanya berikut ini:

Ukuran dan Penampilan

Cabai Carolina Reaper memiliki lebar sekitar 1-2 inci atau setara 2,5-5 cm. Untuk panjangnya sendiri, Carolina Reaper memiliki panjang buah mencapai 2-3 inci atau 5-7,6 cm.

Ketika matang, cabai ini akan berwarna merah cerah. Carolina Reaper memiliki permukaan buah yang bergelombang sehingga terkesan keriput. Pada pangkal buahnya, cabai Carolina Reaper memiliki bentuk yang unik menyerupai ekor kalajengking.

Baca Juga: Enak! Resep Sayur Bening Katuk Untuk Ibu Menyusui

Tingkat Kepedasan

Tingkat kepedasan cabai Carolina Reaper mencapai 1.400.000 hingga 2.200.000 Scoville Heat Units (SHU). Bahkan Carolina Reaper lebih panas 175 hingga 880 kali dari jalapeno lho, Moms.

Rasa

Bagi Moms yang belum pernah mencobanya apakah terbayang seperti apa rasa cabai Carolina Reaper? Tidak hanya pedas luar biasa, Carolina Reaper juga memiliki rasa lain yaitu pahit. Dari rasanya yang tajam tersebut menjadikan cabai terpedas ini tidak cocok untuk dimakan langsung.

Biasanya, cabai Carolina Reaper diolah ke dalam bentuk saus agar lebih aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Sayur dan Buah Berdasarkan Warna

Harga

Dibandingkan jenis cabai pada umumnya, harga cabai Carolina Reaper jauh lebih mahal. Jika biasanya cabai dijual dalam ukuran kilogram, maka Carolina Reaper lain lagi. Pasalnya, cabai terpedas di dunia ini biasanya dijual dalam bentuk satuan.

Adapun harga untuk satu buah cabai Carolina Reaper berkisar Rp6.000.

Efek Samping

Sebagai pecinta pedas, apakah Moms berniat untuk mencoba cabai terpedas di dunia ini? Jika iya, ada baiknya Moms mengetahui efek sampingnya. Meski tidak sampai menyebabkan kematian, namun cabai Carolina Reaper dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan.

Mengonsumsi cabai Carolina Reaper dapat mengakibatkan mual, muntah-muntah, sakit perut, hingga diare.

Itulah 5 fakta Carolina Reaper sebagai cabai terpedas di dunia. Jadi, apakah Moms berani untuk mencobanya?

Selanjutnya: Old Bergenre Horor akan Tampil di Film Terbaru 2021 yang Dirilis Bulan Ini

 

 

 

 

 

 

Editor: Ana Risma
Terbaru