Butuh Modal Besar untuk Investasi Berlian

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Jumat, 26 November 2021 | 08:28 WIB
Butuh Modal Besar untuk Investasi Berlian

ILUSTRASI. Investasi berlian membutuhkan modal besar. Paling tidak harus memiliki dana sekitar Rp 100 juta. REUTERS/Tatyana Makeyeva

MOMSMONEY.ID -Berlian dalam aset perencanaan  keuangan tergolong komoditas. Dalam hal ini ada harga jual dan harga beli yang bisa meningkat dan terjadi selisih.

Jika memperoleh selisih positif, maka investor memperoleh capital gain saat menjual berlian. Dengan demikian, apabila pasar perdagangan berlian tergolong likuid, maka investasi ini juga tergolong menarik.

Baca Juga: Arisan Berlian dalam Jumlah Kecil Tidak Menguntungkan

Akan tetapi, Prita Ghozie, Perencana Keuangan ZAP Finance mengatakan, modal dasar untuk memulai investasi berlian hampir dipastikan lebih besar daripada emas. Secara umum, investor membutuhkan dana dibawah Rp 1 juta rupiah untuk membeli satu gram emas. 

"Bahkan, dengan adanya produk tabungan emas, investor sudah dapat menikmati investasi emas mulai dari Rp 10.000 " kata Prita. 

Sedangkan, untuk inevestasi berlian kemungkinan memerlukan modal awal Rp 150 juta untuk pembelian 1 carat. Menurut data yang ia temukan September lalu rata-rata harga berlian US$ 11,139.53. 

 

Selanjutnya: Katalog Promo Hypermart Hyper Diskon Weekend Periode 26-29 November 2021

Editor: Francisca bertha
Terbaru