Keluarga

Bukan Stonehenge, Ternyata Ini 5 Kuil Tertua di Dunia yang Punya Peradaban Panjang

Bukan Stonehenge, Ternyata Ini 5 Kuil Tertua di Dunia yang Punya Peradaban Panjang

MOMSMONEY.ID - Ternyata bukan Stonehenge, ini loh beberapa kuil tertua di dunia yang patut Anda ketahui.

Apabila menyebut situs prasejarah dunia, Anda mungkin akan langsung menunjuk Stonehenge. Stonehenge memang terkenal sebagai salah satu kuil atau situs kuno yang sangat terkenal di dunia. tapi jangan salah, Stonehenge bukanlah kuil tertua di dunia!

Untuk mengetahui apa sajakah kuil tertua di dunia, mari simak artikel berikut ini!

Baca Juga: 5 Hidangan Klasik ala Italia yang Cerminkan Sejarah dan Budaya Negaranya

Gobekli Tepe di Turki

Kuil Tertua di Dunia: Gobekli Tepe

Gobekli Tepe merupakan kuil tertua di dunia. Letak kuil ini berada di Turki dan telah dibangun pada masa 10 hingga 8 millenium tahun Sebelum Masehi (SM) atau tepatnya diperkirakan pada 11.600 tahun yang lalu.

Kuil ini 6.000 tahun lebih tua daripada Stonehenge yang ada di Britania Raya. Padahal, umumnya masyarakat dunia menggunakan Stonehenge sebagai acuan monumen peradaban prasejarah yang paling terkenal.

Kuil Gobekli Tepe dibiarkan terkubur oleh pembuatnya sekitar 8.000 SM dan ditemukan kembali oleh orang Kurdi pada tahun 1994. Gobekli Tepe akhirnya resmi menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2018.

Baca Juga: Bikin Pusing hingga Mual, Ternyata Ini 6 Makanan Paling Bau di Dunia Selain Durian

Hagar Qim and Mnajdra di Malta

Kuil Tertua di Dunia: Hagar Qim and Mnajdra

Kuil megalitik Hagar Qim and Mnajdra merupakan kuil tertua kedua di dunia. Kuil besar ini ada di negara Malta, tepatnya menghadap ke laut bagian Selatan Malta.

Melansir dari The Broad Life, kuil bersejarah ini diperkirakan dibuat pada 3.600 – 3.200 tahun SM dan masih tergolong lebih tua dibandingkan Stonehenge.

Baik kuil Hagar Qim maupun kuil Mnajdra telah menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Baca Juga: Mengenal 8 Jenis Sate Indonesia dari Berbagai Penjuru Daerah, Sudah Coba Semua?

Kuil Ggantija di Malta

Kuil Tertua di Dunia: Ggantija

Negara Malta punya sejarah panjang jika berkaitan dengan kuil tertua di dunia. selain Hagar Qim and Mnajdra, ada pula kuil Ggantija yang diperkirakan dibangun pada tahun yang sama, yakni 3.600 – 3.200 tahun SM.

Kuil Ggantija merupakan kompleks kuil megalitikum yang terletak di Pulau Gozo, Malta. Melansir dari Architectural Digest, masyarakat pulau Gozo pernah percaya bahwa kuil ini dibangun oleh orang-orang raksasa. Sebab “Ggantija” dalam bahasa Malta berarti “raksasa”.

Kuil Ggantija 100 tahun lebih tua dari Piramida di Mesir maupun Stonehenge di Britania Raya. Kuil tertua nomor 3 di dunia ini telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1980.

Baca Juga: 6 Tas Chanel Paling Ikonik Sepanjang Masa, Makin Mirip dengan Jennie Blackpink!

Hal Saflieni Hypogeum di Malta

Kuil Tertua di Dunia: Hal Saflieni Hypogeum

Kuil tertua di dunia nomor 4 jatuh kepada Hal Saflieni Hypogeum di Malta. Kuil ini diperkirakan didirikan pada 3.600 – 3.000 tahun SM selama era Neolitikum.

Kuil ini cukup unik karena letaknya yang berada di bawah tanah. Ini disebabkan karena kuil ini merupakan situs pemakaman bawah tanah prasejarah di dunia, sekaligus satu-satunya.

Kuil ini memiliki desain artistik dan arsitektur luar biasa, disertai dengan sistem canggih di seluruh ruangan. Kuil tertua ini memiliki lebar 500 m2 yang terdiri atas 3 tingkatan: ada aula, kamar, serta lorong.

Hypogeum adalah bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO dari Kuil Megalitik Malta yang mencakup enam situs lain di pulau tersebut.

Baca Juga: Jadi Liburan Impian, Ini Daftar 30 Destinasi Wisata Terbaik 2023 Versi Lonely Planet

Stonehenge di Britania Raya

Kuil Tertua di Dunia: Stonehenge

Menjadi monumen prasejarah paling terkenal di dunia, nyatanya Snoehenge bukanlah kuil tertua di dunia. Stonehenge didirikan pada 3.000 – 2.000 tahun SM yang menjadikannya kuil nomor 5 tertua di dunia.

Baca Juga: 6 Kopi Termahal di Dunia, Ada yang Berasal dari Kotoran Gajah

Monumen batu berdiri ini disejajarkan sesuai dengan pergerakan matahari. Para ahli memperkirakan bahwa Stonehenge dibuat sebagai kalender masa lalu atau bisa juga sebagai tempat pemujaan.

Sepanjang sejarahnya, Stonehenge telah dirusak oleh beberapa kelompok seperti bangsa Romawi, Saxon, Normandia, hingga para pemburu harta karun.

Itu dia sederet kuil tertua di dunia yang unik dan memiliki sejarah panjang. Tertarik berkunjung ke tempat-tempat tersebut?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News