HOME, Bugar

Bukan sekedar Penyedap Masakan, Daun Bawang Juga Baik untuk Ibu Hamil

Bukan sekedar Penyedap Masakan, Daun Bawang Juga Baik untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Konsumsi daun bawang untuk ibu hamil bermanfaat berkat berbagai kandungan nutrisinya. Daun bawang dikenal memiliki kandungan kalsium, folat, vitamin A, B, dan C, kalium, zat besi, serta fosfor. 

Daun bawang sarat dengan fitonutrien, nutrisi, dan kalori rendah. Karena sifat pencahar, antiseptik, antibakteri, diuretik dan antispasmodik, daun bawang membantu mencegah dan mengobati berbagai masalah kesehatan dikutip dari Healthline.

Daun bawang menyediakan banyak nutrisi dan mineral dengan harga yang sangat terjangkau. Berikut ini sejumlah manfaat daun bawang bagi ibu hamil yang bisa Anda temukan ketika rutin mengonsumsi daun bawang.

Baca Juga: Kurang Vitamin A Bisa Berdampak Negatif pada Kehamilan

1. Mengatur tekanan darah

Menurut American Heart Association (AHA), tekanan darah dikatakan normal jika angkanya berkisar dari 91/60 mmHg hingga 120/80 mmHg.

Ibu hamil harus menjaga tekanan darahnya di angka normal agar tidak terjadi komplikasi pada kandungannya. Makan daun bawang saat hamil dapat membantu mencegah preeklamsia, hipertensi gestasional, dan persalinan prematur. 

2. Mencegah diabetes gestasional

Daun bawang mengandung kromium yang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Kandungan ini juga mengurangi dan menghindarkan dari resistensi insulin.

Dengan manfaat tersebut, ibu hamil dapat mencegah penyakit diabetes gestasional. Melansir Mayo Clinic, diabetes gestasional adalah diabetes yang bisa dialami selama masa kehamilan.

Penyakit ini dapat berpengaruh pada kehamilan dan kesehatan bayi. Jadi, sangat penting untuk menjaga kadar gula ibu hamil tetap normal. 

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh 

Daun bawang merupakan salah satu sumber vitamin C. Kandungan ini sangat penting untuk memperkuat daya tahan tubuh ibu hamil. Selain itu, vitamin C penting untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. 

Bagi ibu hamil, vitamin C juga baik bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh. Kerusakan jaringan tubuh dan peradangan bisa teratasi dengan vitamin C. 

Baca Juga: Jangan Coba-Coba, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Ibu Hamil

4. Menyehatkan saluran pencernaan

Daun bawang merupakan sumber serat yang bagus dan dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. 

Menurut University of Rochester Medical Center, Amerika Serikat, hormon progesteron saat hamil dapat menyebabkan relaksasi otot polos. Hal ini dapat memperlambat sistem pencernaan dan menimbulkan ketidaknyamanan, misalnya konstipasi dan mual. 

Khasiat daun bawang untuk ibu hamil dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

5. Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula yang tinggi adalah awal mula berbagai penyakit kronis, salah satunya diabetes. Senyawa sulfur dalam allium yang terkandung dalam daun bawang, telah terbukti efektif menurunkan kadar gula darah. 

Itulah beberapa manfaat daun bawang yang baik untuk ibu hamil. Jaga pola makan bergizi seimbang dan gaya hidup sehat lainnya demi menjaga kondisi kehamilan. 

Selanjutnya: Kenali 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News