Bukan Sekedar Hobi, Memelihara Tanaman Bermanfaat Buat Kesehatan

Sumber: Swansons Nursery
Rabu, 22 September 2021 | 09:22 WIB
Bukan Sekedar Hobi, Memelihara Tanaman Bermanfaat Buat Kesehatan

ILUSTRASI. Tanaman dalam Ruangan

MOMSMONEY.ID - Tanaman tidak saja berfungsi sebagai dekorasi rumah. Ada banyak hasil penelitian yang menyebut tanaman juga bermanfaat baik untuk kesehatan.

Beberapa varietas tanaman bahkan dapat meningkatkan kualitas udara. Sebuah penelitian di Virginia tech menyimpulkan, bahwa tanaman hias dapat mengurangi debu dalam ruangan hingga 20%. Oleh karena itu, tanaman hias adalah pembersih udara yang efisien.

Berikut 5 manfaat kesehatan memiliki tanaman di rumah.

Baca Juga: Kenali Serangan Kutu Putih Pada Tanaman dan Cara Mengatasinya

Pembersih Udara yang Alami

Sebelumnya telah disebutkan bahwa tanaman hias adalah pembersih udara yang efisien. Dilansir dari Swansonsnursery.com, tanaman melepaskan uap air ke udara, yang meningkatkan kelembapan, dan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pernapasan serta kulit dengan mengimbangi efek pengeringan dari sistem pemanas.

Dari hasil fotosintesis, tanaman menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen di udara. Udara di dalam ruangan atau di sekeliling rumah yang terdapat tanaman akan menjadi sejuk dan segar. Tanaman juga dapat membantu menghilangkan zat racun udara dari bahan kimia seperti benzena dan formaldehida.

Mengatasi Stres

Wisata alam disebut sebagai penghilang stres dan tekanan selama berada di perkotaan. Artinya, efek tanaman sangat berarti untuk mengatasi stres. Udara yang bersih karena efek tanaman juga dapat membuat pikiran Anda lebih baik.

Bahkan, beberapa tanaman yang memiliki aroma esensial seperti lavender telah terbukti menurunkan detak jantung, tekanan darah tinggi, dan meningkatkan kualitas tidur.

Meningkatkan Suasana Hati dan Konsentrasi

Efek positif dari peningkatan oksigenasi dari tanaman adalah dapat meningkatkan suasana hati, energi, dan fokus mental Anda. Bunga pada tanaman utamanya dapat membantu Anda bersemangat dan membuat Anda tetap positif, seperti bunga-bunga berwarna merah, oranye, dan kuning.

Latar belakang hijau juga dapat membatu Anda menangkis kelelahan. Efek penyegaran dari hijaunya tanaman dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda.

Baca Juga: Cara Merawat Kaktus Dalam Ruangan Sesuai Varietasnya

Mencegah Alergi

Ruangan yang memiliki tanaman akan menghasilkan lebih sedikit debu dan jamur dibandingkan dengan yang tidak. Filter alami dari tanaman juga dapat menangkap partikel udara yang tidak baik.

Artinya, tanaman dapat mengatasi alergi dan mencegahnya. Tanaman yang dimaksud adalah tanaman yang memiliki daun bertekstur dan tanaman tanpa serbuk sari atau spora.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, meletakkan beberapa tanaman di dalam kamar dapat mengatasi kesulitan Anda. Beberapa tanaman dapat menghasilkan oksigen di malam hari, contohnya kaktus. Ini akan menciptakan iklim udara yang lebih baik saat Anda tidur, sehingga Anda dapat tidur lebih nyenyak. 

Selanjutnya: Mengenal Tanaman Hias Daun Aglonema yang Dapat Membersihkan Udara

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru