Santai

Bukan Komedo! Ini Tips Mudah Hilangkan Sebaceous Filament di Pori-Pori!

Bukan Komedo! Ini Tips Mudah Hilangkan Sebaceous Filament di Pori-Pori!

MOMSMONEY.ID - Permasalahan kulit menjadi problem besar bagi sebagian wanita. Apalagi jika masalah tersebut adalah masalah pori-pori dan jerawat.

Termasuk juga masalah pada pori-pori yang dikenal dengan istilah Sebaceous Filament. Sebaceous filament adalah gangguan pada kulit terutama pada pori-pori yang hampir menyerupai komedo.

Baca Juga: Bisa Atasi Ngorok, Ini 4 Manfaat Lakukan Mouth Taping saat Tidur Malam!

Secara medis, Sebaceous Filament adalah hal normal yang terjadi pada kulit. Tampilannya yang sama seperti komedo membuatnya menjadi salah dikira sebagai komedo.

Sebaceous filament sendiri adalah bagian dari kulit yang tidak bisa dihilangkan, namun tampilannya dapat diminimalisasi dengan beberapa cara berikut ini.

Pilih pembersih berbahan minyak

Jika ingin meminialisir tampilan sebaceous filament yang rawan muncul di arean dagu atau di area bibir bawah mulut, cobalah untuk menggunakan pembersih berbahan minyak.

Laman Mind Body Green menyarankan untuk menggunakan pembersih berbahan minyak sebab sebaceous filament terdiri dari kandungan minyak dan bisa dapat dengan mudah dihilangkan dengan minyak juga. Penggunaan oil cleansing atau face balm juga dapat menjadi pilihannya.

Gunakan salicylic acid

Menggunakan salicylic acid juga bisa membantu menyamarkan tampilan sebaceous filament pada area wajah. Salicylic acid yang merupakan salah satu bahan BHA ini bisa membantu untuk membersihkan pori-pori hingga bagian terdalam.

Baca Juga: Never Have I Ever Season 3 dan 6 Serial Baru Netflix Siap Tayang Minggu Ini!

Sehingga masalah sebaceous filament yang kerap menghalangi pori-pori untuk bernafas bisa diminimalisir dengan menggunakan salicylic acid.

Cobalah retinol

Siapa yang tidak tahu kekuatan retinol dalam membantu mengatasi permasalahan kulit. Retinol adalah kandungan dalam skincare yang memiliki manfaat untuk membantu regenerasi kulit.

Melansir dari laman Byrdie, kandungan retinol dan retinoid bisa menjadi kandungan efektif untuk menghilangkan sebaceous filament. Sebaiknya mulai gunakan retinol dengan kandungan rendah terlebih dahulu jika belum pernah menggunakan retinol sebagai skincare sebelumnya.

Rutin lakukan eksfoliasi

Kegiatan merawat kulit seperti melakukan eksfoliasi juga penting dilakukan secara rutin. Dengan rutin melakukan eksfoliasi, maka kotoran dan juga debu yang menumpuk hingga bagian dalam kulit dapat dibersihkan juga.

Sehingga pori-pori dapat kembali berada dalam kondisi yang bersih dan terhindar dari resiko penumpukan sebum, kotoran, minyak dan debu yang menyebabkan munculnya sebaceous filament di kulit wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News