Keluarga

Bukan Hanya Snack, 6 Jenis Cokelat Ini Bisa Dipakai untuk Membuat Kue

Bukan Hanya Snack, 6 Jenis Cokelat Ini Bisa Dipakai untuk Membuat Kue

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai jenis cokelat yang tak hanya bisa disantap sebagai camilan, tapi juga bisa dipakai untuk membuat kue cokelat, loh.

Tak sembarangan cokelat yang dipakai, jenis cokelat berikut ini memang sudah dikhususkan sebagai bahan baku membuat kue. Penasaran apa saja jenisnya? Intip artikel berikut ini yang dilansir dari Pondan dan Lacademie, selengkapnya!

Cokelat hitam

Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah jenis cokelat yang dipakai untuk pembuatan kue. Ini karena cokelat hitam merupakan cokelat murni tanpa adanya tambahan gula dan susu sehingga lebih mudah untuk menakar kue.

Cokelat hitam memiliki kadar kakao hingga 85% sehingga rasanya cenderung pahit. Meski begitu, kue yang dihasilkan dari cokelat hitam ini tetap memiliki rasa manis karena ditambahkan gula.

Tak hanya itu, cokelat hitam memiliki kandungan nutrisi paling banyak dibandingkan jenis cokelat lainnya. Cokelat hitam memiliki fosfor, kalsium, zat besi, kalium hingga vitamin A dan K yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: 5 Tips Pilih Lobster Segar Sebelum Membelinya, Ada Tips Mengolahnya Juga!

Cokelat susu

Milk chocolate atau cokelat susu adalah varian cokelat manis yang paling popular di dunia. Jenis cokelat yang satu ini mengandung 10-40% kakao yang dicampur dengan gula & susu kental manis.

Cokelat susu atau milk chocolate punya rasa yang lebih manis daripada varian dark chocolate yang terkenal karena rasa pahitnya.

Cokelat susu ini tak hanya dijual sebagai snack, tapi sering juga dipakai untuk pembuatan aneka macam kue. Cokelat susu sendiri merupakan jenis yang paling umum dengan berbagai merek yang beredar di pasaran.

Karena cokelat jenis ini sudah mengandung gula dan susu, maka penambahan takaran gula dalam kue harus lebih sedikit atau tidak memakai gula sama sekali untuk menghindari kue yang kemanisan.

Baca Juga: Dari Rasa hingga Aroma, Ini 4 Ciri Steak Tak Layak Konsumsi

Cokelat putih

Cokelat putih

Cokelat putih adalah salah satu jenis cokelat untuk membuat kue. Sayangnya, penggunaan cokelat ini tak sesering cokelat hitam. Sebab, cokelat putih mengandung gula yang sangat tinggi sehingga tak akan terlalu enak jika dipakai untuk pembuatan kue.

Cokelat putih berasal dari kakao yang sama seperti cokelat hitam. Hanya saja cokelat putih menggunakan lemak cokelat yang membuatnya terlihat berwarna putih gading.

Cokelat putih tak menggunakan bubuk kakao sehingga warnanya tak menjadi kecoklatan.

Baca Juga: Anti Kolesterol, 5 Cara Memasak Daging Ini Bikin Masakanmu Jadi Lebih Sehat

Cokelat couverture

Cokelat Courverture adalah varian cokelat kelas atas yang sering digunakan para professional, terutama untuk bahan pembuatan kue.

Cokelat couverture terbuat dari campuran bubuk kakao dengan cocoa butter dengan persentase tinggi.

Karena cokelat couverture adalah cokelat berkualitas, maka untuk dapat mengolahnya, cokelat ini perlu dilelehkan pada suhu tertentu. Para koki dan chef biasa mengolah jenis cokelat ini untuk berbagai jenis hidangan mulai dari kue hingga es krim yang dibuat di hotel dan restoran mewah.

Baca Juga: Hindari Sakit Perut, 7 Makanan ini Tak Boleh Dikonsumsi Bareng Kopi dan Teh

Cokelat Organik

Cokelat organik juga merupakan jenis cokelat yang dapat dipakai untuk membuat kue.

Sebenarnya, cokelat ini bukanlah jenis cokelat tertentu. Nama “Cokelat Organik” merupakan istilah yang mendeskripsikan jenis cokelat manapun yang telah disertifikasi organik. Intinya, tak ada pestisida ataupun pupuk kimia di dalam biji kakao.

Beberapa merek cokelat organik yang bisa digunakna untuk pembuatan kue seperti Theo Chocolate, Hershey, dan Green & Black.

Baca Juga: Bikin Betah Masak, Ikuti 7 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih

Cokelat ruby

Cokelat ruby

Cokelat ruby adalah jenis cokelat yang mulai dikembangkan pada tahun 2004 oleh perusahaan kakao Belgia-Swiss bernama Barry Callebaut.

Cokelat ruby memiliki ciri khas unik berupa warnanya yang pink. Cokelat jenis ini tak hanya bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan kue semata, tapi juga cocok sebagai snack, hingga hiasan di berbagai jenis kue.

Baca Juga: Tips Efektif Hilangkan Ulat Brokoli Agar Tidak Termakan Saat Dimasak

Selain warna, rasa adalah faktor lain yang membedakan cokelat ruby ​​​​dari jenis cokelat lain. Alih-alih rasa pahit khas kakao, cokelat ruby ​​​​memiliki rasa buah yang sedikit manis & asam. Rasanya mirip buah beri.

Itulah sederet jenis cokelat yang biasa dipakai untuk membuat kue. Adakah jenis cokelat yang belum pernah Anda lihat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News