AturUang

Bukan Hanya Pindah Kerja, Begini Solusi Jika Gaji Tak Kunjung Naik

Bukan Hanya Pindah Kerja, Begini Solusi Jika Gaji Tak Kunjung Naik

MOMSMONEY.ID - Tak sedikit perusahaan yang tidak menaikkan gaji karyawan mereka secara rutin. Di lain pihak, sebagian perusahaan memberikan kenaikan gaji tetapi jumlahnya minim, atau lebih kecil daripada perkiraan angka inflasi.

Dengan inflasi yang makin meningkat sehingga biaya hidup naik pula, akan membuat orang berpikir tetap bertahan atau hengkang dari pekerjaan mereka sekarang.

Namun, itu bukanlah satu-satunya cara yang bisa diambil. Shierly, perencana keuangan Finansialku mengatakan ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu pindah kerja, selain itu, Anda juga bisa menambah penghasilan dengan pekerjaan sampingan lainnya.

Kedua opsi sama-sama baik dipertimbangkan. Tergantung tujuan dan kondisi baik dari orang maupun perusahaannya, ujar Shierly.

Baca Juga: Tak Lebih Bahagia dari Generasi Sebelumnya, Ini yang Diinginkan Gen Z di Kantor

Namun, Shierly bilang, secara prinsip keuangan, memang baiknya harus punya sumber penghasilan lebih dari satu.

Aryawan Eko, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi mengatakan jika gaji tidak naik di atas inflasi atau bahkan tidak naik sama sekali, pekerja tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Saran kami, coba cari penghasilan tambahan," ungkap Eko.

Misalnya saja membuka warung rokok, warung nasi, atau bisa dengan mencari sampingan menjadi supir transportasi online. Bisa juga menjadi content creator untuk tambahan pemasukan.

Eko menyarankan jangan dahulu keluar dari pekerjaan, kalau Anda belum mandiri secara finansial atau memiliki modal yang cukup untuk pekerjaan sampingan tadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News