Bugar

Bukan Hanya Penyedap Makanan, Ini Sederet Manfaat Daun Sereh untuk Kesehatan

Bukan Hanya Penyedap Makanan, Ini Sederet Manfaat Daun Sereh untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet manfaat daun sereh untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Manfaat sereh untuk kesehatan erat dikaitkan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. 

Selain membuat cita rasa makanan menjadi lebih lezat, sereh juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi, dikutip dari Healthline.

Pada masakan khas Indonesia, sereh termasuk rempah yang sering digunakan. Selain menambah cita rasa pada masakan, sereh juga dapat dihidangkan menjadi minuman hangat. 

Untuk mendapatkan manfaat sereh, Anda dapat mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung sereh.

Anda juga bisa menjadikan minyak sereh sebagai aromaterapi yang menenangkan. Sereh dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Dilansir dari Everyday Health, inilah sederet manfaat daun sereh untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Mengatasi gigi berlubang

Manfaat daun sereh untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mengatasi gigi berlubang. Konsumsi teh sereh dapat membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang.

Sebuah penelitian mengungkap, zat antimikroba pada sereh efektif dalam melawan bakteri berbahaya seperti Streptococcus mutans, yaitu bakteri penyebab kerusakan gigi. 

2. Melawan radikal bebas

Manfaat daun sereh untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah melawan radikal bebas. 

Sebuah penelitian mengungkap bahwa dalam sereh terkandung beberapa antioksidan yang berperan melawan radikal bebas.

Antioksidan yang terdapat pada sereh diantaranya asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin. 

3. Mengontrol tekanan darah

Manfaat sereh untuk kesehatan tubuh yang berikutnya adalah membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini karena dalam sereh terkandung mineral bernama kalium. 

4. Meringankan gejala sindrom pramenstruasi

Manfaat daun sereh untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah meringankan gejala sindrom pramenstruasi. 

Meski perlu diteliti lebih lanjut, konsumsi teh sereh dipercaya mampu mengatasi kram menstruasi dan juga kembung saat wanita mengalami sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS). 

Baca Juga: Daftar Obat Alami Asam Urat, Cara Efektif Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

5. Mengatasi kecemasan

Manfaat daun sereh untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah mengatasi kecemasan. 

Tidak hanya dikonsumsi, minyak sereh juga bisa dijadikan aromaterapi untuk mengatasi kecemasan. Namun, butuh diteliti lebih lanjut terkait efektivitasnya. 

Meski manfaat sereh untuk kesehatan beragam, Anda harus tetap hati-hati dalam memanfaatkannya.

Pada kondisi tertentu seperti sedang hamil dan menyusui, hindari konsumsi sereh atau penggunaan sereh untuk sementara waktu. 

Demi keamanan, tanyakan kepada dokter terlebih dahulu terkait penggunaannya. Itulah sederet manfaat daun sereh untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News