Bukan Hanya Menyehatkan Jantung, Ini 5 Manfaat Bersepeda Lainnya

Reporter: Helvana Yulian
Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:15 WIB
Bukan Hanya Menyehatkan Jantung, Ini 5 Manfaat Bersepeda Lainnya

MOMSMONEY.ID - Bersepeda merupakan salah satu pilihan olahraga yang praktis dan mudah dilakukan. Hal inilah yang menjadikan sepeda sebagai olahraga favorit berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Manfaat bersepeda tidak hanya sekadar untuk rekreasi atau sebagai alat transportasi, tetapi juga baik bagi kesehatan tubuh. Dengan bersepeda secara rutin, Anda dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan. 

Jika selama ini Anda sudah sering atau baru mulai berolahraga, Anda perlu mengetahui apa saja manfaat kesehatan bersepeda seperti berikut ini.

Baca Juga: Hindari 6 Buah Tinggi Kalori Saat Melakukan Diet

1. Menghindari diabetes

Berkurangnya aktivitas fisik menjadi salah satu faktor risiko penyebab diabetes. Bersepeda secara rutin merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko dan mengelola kondisi diabetes. 

Menghindari gaya hidup yang malas bergerak, salah satunya dengan bersepeda lebih dari 30 menit per hari bisa membantu Anda menurunkan risiko terkena diabetes dan penyakit lainnya. 

2. Menjaga kesehatan otot dan sendi

Bersepeda dapat memperkuat otot kaki, bokong, paha, betis, pinggul, perut, lengan, dan bahu. Tak hanya itu, bersepeda juga baik untuk persendian dan telah terbukti bermanfaat bagi penderita osteoartritis. 

3. Mengendalikan berat badan

Bersepeda bermanfaat dalam mengendalikan atau menurunkan berat badan. Olahraga ini mampu meningkatkan metabolisme, membangun otot, serta membakar lemak tubuh.

Untuk bisa mendapatkan hasil efektif, pastikan pengeluaran energi lebih besar dari asupannya.

4. Menurunkan risiko diabetes

Salah satu manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini karena bersepeda dapat menjaga kestabilan produksi hormon insulin dalam tubuh.

3. Mengurangi risiko kanker

Jika Anda mempertahankan asupan makanan sehat dan seimbang, disertai bersepeda secara teratur, maka kedua hal tersebut akan membantu Anda dalam mengurangi risiko kanker. 

Sebuah studi terbitan Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar hingga usia tua memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap kanker paru dan kanker kolorektal. 

 Baca Juga: Risiko yang Mungkin Terjadi Jika Minum Jamu Pelancar Haid Saat Hamil

Beragam manfaat bersepeda dapat Anda peroleh dengan melakukannya secara rutin. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang membatasi gerakan Anda, konsultasikan dulu ke dokter sebelum mulai rutin bersepeda.

Selanjutnya: Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Editor: Helvana Yulian
Terbaru