Bugar

Bukan Hanya Kelebihan Kafein, Ini 5 Penyebab Insomnia Lainnya

Bukan Hanya Kelebihan Kafein, Ini 5 Penyebab Insomnia Lainnya

MOMSMONEY.ID - Penyebab insomnia bisa bervariasi. Insomnia primer tidak terkait dengan penyakit lain. Sebaliknya, insomnia sekunder disebabkan oleh kondisi medis lain.

Ada beberapa kondisi yang lebih bisa menyebabkan insomnia, tetapi jarang disadari. Misalnya, mengonsumsi obat-obatan tertentu, stres, jet lag, dan terlalu banyak makan di malam hari. 

Selain terlalu banyak kafein, penyebab insomnia lain yang perlu Anda ketahui seperti yang dilansir dari Sleep Education, antara lain: 

Baca Juga: Ini 3 Jenis Gangguan Tidur yang Wajib Anda Ketahui

Stres

Penyebab insomnia yang pertama adalah karena stres berlebihan. Kekhawatiran tentang pekerjaan, kesehatan, atau keuangan, dapat membuat pikiran aktif di malam hari, sehingga sulit untuk tidur.

Sama halnya dengan peristiwa yang traumatis seperti kematian atau penyakit, perceraian, kehilangan pekerjaan, semuanya juga dapat menyebabkan insomnia.

Kebiasaan tidur yang buruk

Penyebab insomnia yang kedua adalah kebiasaan tidur yang buruk. Semua hal buruk ini dapat mengganggu siklus tidur dan membuat insomnia. 

Kebiasaan tidur yang buruk termasuk jadwal tidur tidak teratur, tidur siang terlalu lama, lingkungan tidur yang tidak nyaman, atau menggunakan tempat tidur untuk bekerja, makan atau menonton TV.

Jadwal perjalanan atau kerja

Ritme sirkadian (proses biologis yang mengatur aktivitas 24 jam)  bertindak sebagai jam internal, memandu hal-hal seperti siklus tidur-bangun, metabolisme, dan suhu tubuh.

Penyebabnya termasuk jet lag karena bepergian melintasi beberapa zona waktu, bekerja di shiftakhir atau awal, atau sering berganti shift.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Cara Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

Makan terlalu banyak di malam hari 

Makan makanan ringan sebelum tidur boleh-boleh saja, tetapi makan terlalu banyak dapat menyebabkan Anda merasa tidak nyaman secara fisik saat berbaring.

Banyak orang juga mengalami mulas, akibat adanya aliran balik asam dan makanan dari lambung ke kerongkongan setelah makan. Kondisi ini  yang mungkin membuat Anda tidak bisa tidur. 

Gangguan kesehatan jiwa 

Penyebab insomnia yang terakhir bisa jadi karena gangguan kesehatan jiwa. Gangguan kecemasan, seperti gangguan stres pasca-trauma, dapat mengganggu tidur dan memicu insomnia.

Bangun terlalu dini juga bisa menjadi tanda depresi. Insomnia sering terjadi bersamaan dengan gangguan kesehatan mental lainnya.

Kebiasaan dan rutinitas yang tidak sehat terkait dengan gaya hidup serta makanan dan minuman dapat meningkatkan risiko seseorang terkena insomnia.

Gaya hidup dapat menyebabkan masalah tidur, seperti bekerja lembur, bermain video game, atau menggunakan perangkat elektronik lainnya.

Jadi, mulailah untuk membangun kebiasaan tidur yang baik dan mengatasi masalah kesehatan yang menyebabkan insomnia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News