HOME, BisnisYuk

Bukan Hanya dalam Investasi, Flexing Marketing Juga Banyak Terjadi dalam Dunia Bisnis

Bukan Hanya dalam Investasi, Flexing Marketing Juga Banyak Terjadi dalam Dunia Bisnis

MOMSMONEY.ID - Flexing marketing bukan hanya terjadi di dunia investasi. Di dalam bisnis pun marketing dengan cara pamer harta dan kekayaan juga terus berkembang. Bagi Anda yang mudah tergoda dengan bisnis demikian sebaiknya pikir matang. 

Safir Senduk, perencana keuangan mengatakan, orang harus menaruh curiga dan jangan mudah percaya. Misalnya saja, apa mungkin membangun bisnis kosmetik dalam 2-3 tahun sudah bisa memiliki barang mewah, bahkan pesawat pribadi?

Baca Juga: Tiga Tips Membangun Bisnis Bagi Wirausaha Perempuan

Kenyataannya memang flexing marketing ditemukan di beragam bisnis. Salah satunya pada bisnis multilevel marketing (MLM). Jika diperhatikan, banyak MLM yang memberikan bonus pada tenaga pemasarnya jalan-jalan ke luar negeri atau mendapatkan emas ataupun barang mewah. Lantas, pemasar itu memamerkannya.

"Sebenarnya bukan salah industrinya, tapi salah orang yang menawarkan. Ada, kok, MLM yang tidak pamer hasil bisnisnya, tapi ada juga yang pamer, " kata Safir.

Agar tak membuat orang terkecoh dengan iming-iming harta berlimpah dari hasil bisnis, sebaiknya tak perlu menyebut angka pendapatan terlalu detail. Misalnya, jika berbisnis ini, maka bisa mendapatkan bonus sekitar sekian rupiah.

Selain itu, gunakan orang ketiga untuk memuji. Jadi bukan percaya diri memamerkan hartanya di depan semua orang, bahkan di media sosial.

Terakhir, jika jalan pamer harta dirasa berpengaruh, tetap menyelipkan edukasi bahwa bisnis ini punya risiko. Sama halnya investasi yang juga berisiko.        

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News