Bukan Cuma Kaya Serat, Ini Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 24 November 2021 | 12:26 WIB
Bukan Cuma Kaya Serat, Ini Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Bukan Cuma Kaya Serat, Ini Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Ubi ungu banyak diolah menjadi berbagai makanan dan camilan lezat. Jenis ubi ini diketahui masih satu keluarga dengan kentang.

Keduanya pun kaya akan serat dan beragam nutrisi, seperti protein, kalium, fosfor, dan biotin, dilansir dari Mayo Clinic.

Namun, ubi ungu diketahui lebih rendah kalori dibandingkan dengan kentang dan memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi, yaitu vitamin A, vitamin B, dan vitamin C dilansir dari Healthline.

Selain itu, ubi ungu juga merupakan sumber beta karoten yang baik dan kaya akan antioksidan.

Dirangkum dari Healthline dan Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat ubi ungu yang baik untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah Penyebab Bayi Berkeringat saat Menyusu

1. Mencegah penyakit jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ubi ungu dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Manfaat tersebut berasal dari kandungan kalium di dalamnya.

Ubi ungu juga mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, kandungan antiinflamasi pada ubi ungu juga diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat ubi ungu lainnya adalah menjaga kesehatan mata. Manfaat ini berasal dari kandungan beta karoten yang tinggi di dalamnya.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C, zinc, dan tembaga pada ubi ungu juga dapat mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi makula.

3. Menjaga berat badan

Selain menurunkan kadar kolesterol, kandungan serat dalam ubi ungu juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga tepat untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet atau menjaga berat badan.

Manfaat ini juga didukung oleh kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya.

Baca Juga: Inilah Kandungan Gizi dalam Anggur yang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

4. Mengurangi risiko terjadinya peradangan

Mengonsumsi ubi ungu diduga mampu mengurangi risiko terjadinya peradangan atau inflamasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

5. Mencegah kanker

Ubi ungu mengandung antosianin, yaitu zat pemberi warna ungu pada ubi dan bersifat antioksidan. Senyawa ini mampu melawan paparan radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker, terutama di ginjal, usus besar, dan payudara.

Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh manfaat ubi ungu bagi kesehatan atau jumlah asupan ubi ungu yang sesuai kondisi tubuh, Anda bisa berkonsultasi dengan ke dokter untuk mendapatkan jawabannya.

 Baca Juga: Inilah 5 Penyakit yang Bisa Diketahui Melalui Rontgen Thorax

Selanjutnya: Dukung pengelolaan keuangan dana haji, BEI kerja sama dengan BPKH

Editor: Helvana Yulian
Terbaru