HOME, Bugar

Buah Pepaya : Bisa Mencegah Kanker Sampai Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Pepaya : Bisa Mencegah Kanker Sampai Menjaga Kesehatan Jantung

MOMSMONEY.ID - Pepaya memiliki kandungan nutrisi yang memberikan banyak kebaikan bagi tubuh, mulai dari menjaga kesehatan kulit hingga jantung. Selain itu, banyak manfaat pepaya lainnya yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah ini secara rutin. 

Pada 1997, The World Cancer Research Fund’s melaporkan, bahwa mengonsumsi pepaya sebagai makanan penutup secara teratur baik untuk menangkal berbagai macam penyakit. Hal ini terjadi karena pepaya mengandung vitamin dan nutrisi yang mumpuni. 

Meski rasanya manis, kalori yang ada di dalamnya relatif rendah. Pada 157 gram pepaya saja, mengandung 68 kalori, 2.7 gram serat, 31 mg kalsium, 33 mg magnesium, 95.6 mg vitamin C, 0.13 mg zink, 58 mikrogram asam folat, dan 0.47 mg vitamin E. 

Sebagian orang mungkin mengenal pepaya hanya sebagai buah yang dapat melancarkan pencernaan saja. Padahal, sebenarnya ada beragam manfaat lain dari buah pepaya dan baik untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Bronkitis yang Harus Anda Ketahui

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin C dan likopen di dalam pepaya, menjadikan buah ini sebagai salah satu makanan yang baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada dalam tubuh. 

2. Menyehatkan kulit dan rambut

Buah ini bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat muda. Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya bisa melembutkan dan merevitalisasi kulit. Sementara itu, vitamin A dan C yang ada di dalamnya bisa mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam. 

3. Antikanker

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan lycopene dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker, sekaligus baik bagi penderita kanker. Manfaat pepaya ini diperoleh dari cara kerjanya dalam mengurangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap kanker. 

4. Melancarkan pencernaan

Manfaat pepaya yang satu ini tentu tidak asing lagi. Hal ini karena pepaya mengandung tinggi serat dan enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi pepaya diketahui dapat meredakan konstipasi dan perut kembung. 

5. Menjaga kesehatan mata

Buah pepaya diketahui mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Selain itu, kandungan vitamin A dalam buah ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan penglihatan yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi makula. 

Baca Juga: Waspadai! Ini Penyebab Penyakit Migrain yang Harus Anda Ketahui

Untuk mendapatkan beragam manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh, konsumsilah buah ini secara rutin, misalnya sebagai camilan atau pencuci mulut setelah makan.  Namun, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter jika Anda memiliki penyakit tertentu yang membatasi pilihan makanan Anda.

Selanjutnya: Telapak Kaki Sering Panas? Bisa Jadi Itu Gejala Penyakit Tertentu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News