HOME, Bugar

Buah Kaya Vitamin C, Inilah 7 Manfaat Jeruk yang Perlu Diketahui

Buah Kaya Vitamin C, Inilah 7 Manfaat Jeruk yang Perlu Diketahui

MOMSMONEY.ID - Jeruk merupakan sebuah buah yang memiliki khasiat. Jeruk yang merupakan buah sitrus memiliki banyak kandungan vitamin C dan anti oksidan, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu.

Selain itu, jeruk punya banyak keistimewaan yang bisa membuat tubuhmu lebih sehat dan terlindung dari berbagai macam gangguan kesehatan.

Buah jeruk menjadi salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin cukup tinggi. Tidak hanya itu, jeruk juga merupakan sumber serat, folat, hingga antioksidan yang baik untuk tubuh. 

Buah jeruk menjadi salah satu buah yang dinilai cukup baik dalam meningkatkan imun tubuh seseorang. Hal ini disebabkan jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

Tidak hanya itu, dalam satu buah jeruk juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan, seperti vitamin B1, folat, hingga potassium.

Berikut manfaat buah jeruk, si buah yang kaya vitamin C.

Baca Juga: 5 Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami

1. Memperbaiki suasana hati

Selain cokelat, jeruk juga bisa lo untuk memperbaiki mood yang sedang turun. Buah jeruk banyak mengandung folat yang berperan dalam pembentukan serotonin.

Serotonin sendiri merupakan zat kimia di dalam otak yang berkaitan dengan perasaan senang. Menurut sebuah penelitian, aroma jeruk nipis, jeruk keprok, dan lemon, bisa meningkatkan mood dan energi.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Jeruk merupakan sumber sitrat dan asam sitrat yang baik dan dinilai mampu mencegah munculnya batu ginjal. Untuk itu, tidak ada salahnya mengonsumsi buah jeruk untuk menjaga kesehatan ginjal.

3. Menurunkan kolesterol

Bukan cuma omega-3 yang terkandung dalam ikan saja yang mampu menurunkan kolesterol. Buah yang satu ini juga ok kok untuk membantu memangkas kolesterol jahat karena kandungan serat larut di dalamnya.

Ingat, kadar kolesterol yang normal dalam tubuh bisa meminimalkan dirimu terserang berbagai risiko penyakit.

4. Melindungi kulit

Enggak cuma lewat kosmetika saja bagi kamu yang ingin membuat kulit semakin sehat dan terlindung dari kerusakan. Pasalnya, kulit juga membutuhkan berbagai nutrisi dari dalam.

Nah, salah satunya tentu dari konsumsi makanan yang menyehatkan kulit, seperti jeruk. Buah yang kaya vitamin C ini mengandung beta-karoten, antioksidan yang bisa melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Baca Juga: Makanan yang Bisa Membantu Meningkatkan Gairah pada Wanita

5. Mendukung kesehatan tulang

Tubuh membutuhkan vitamin C yang cukup untuk bisa menyerap kalsium dan vitamin D dengan optimal. Nah, agar kesehatan tulang semakin terjaga, jangan lupakan asupan nutrisi ini bagi tubuh.

Namun, sebaiknya kamu tidak langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi jus jeruk. Sebab asam asetat dari jus jeruk bisa mengikis email gigi.

6. Mencegah dehidrasi

Dalam satu buah jeruk mengandung 87 persen air. Untuk itu, mengonsumsi buah jeruk bisa membantu kamu mencegah kondisi dehidrasi.

7. Mengontrol tekanan darah

Coba turunkan dengan cara alami melalui konsumsi buah jeruk secara rutin. Buah ini mengandung flavonoid yang disebut hesperidin.

Senyawa inilah yang berperan untuk mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan magnesium di dalam jeruk juga bisa membantu menjaga tekanan darah agar tidak tinggi.

Itu lah beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Selanjutnya: Wajah Cerah! Ketahui Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News