HOME, Keluarga

Buah Kaktus Ada yang Bisa Dimakan, loh! Ini Jenis dan Manfaatnya

Buah Kaktus Ada yang Bisa Dimakan, loh! Ini Jenis dan Manfaatnya

MOMSMONEY.ID - Kaktus terkenal dengan tanamannya yang berduri dan berbatang tebal. Jika tak hati-hati, Anda bisa terluka dengan duri-durinya yang halus. Namun, pernahkah Anda mendengar kaktus bisa dimakan? Jika belum, Anda sebaiknya harus tahu kabar ini.

Beberapa kaktus yang memiliki buah dapat dimakan oleh manusia. Bahkan bagian lain terkadang juga dapat dimakan. Meskipun nantinya, Anda perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk membersihkan dan menghilangkan durinya.

Baca Juga: Jangan Sembarangan! Ini Cara yang Benar dalam Merawat Kaktus Sesuai Varietasnya

Ada banyak jenis kaktus yang dapat dimakan. Bagian yang dimaksud adalah buahnya, meski beberapa membutuhkan persiapan khusus sepert dimasak. Secara umum, rasa buah dari kaktus ini manis dan hambar ke kisaran pahit. Sementara sebagian besar spesies kaktus lainnya memang tidak beracun, hanya rasanya saja yang tidak enak dan tidak toleran.

Untuk memudahkan Anda, berikut ini adalah 5 jenis buah kaktus yang bisa dimakan manusia dengan rasa buah yang enak dan juga bergizi.

Pir Berduri (Prickly Pear)

Prickly pear atau buah pir berduri dihasilkan oleh tanaman kaktus genus opuntia yang memiliki bunga berwarna kuning, oren, atau ungu. Kaktus ini biasanya tumbuh di tanah yang berpasir dan kasar seperti gurun.

Namun, tanaman ini populer di negara bagian Amerika Utara seperti Meksiko, Texas, dan California. Sementara di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan sebutan kaktus centong.

Buah kaktus yang berwarna hijau atau merah ini dapat dimakan. Buah yang masih hijau rasanya agak asam, tetapi yang merah sangat manis. Namun, Anda harus berhati-hati dengan bulu berdurinya yang dikenal dengan glochids.

Glochids ini dapat menembus kulit dan menyebabkan iritasi, maka Anda memerlukan sarung pelindung tangan saat membersihkan kulit buahnya.

Setelah dibersihkan, Anda dapat mengupas kulit buahnya. Iris kulit memanjang di bagian atas buah, lalu Anda dapat dengan mudah mengupas kulit buah menggunakan jari-jari Anda. Namun, bagian biji buah pir tidak bisa dikunyah, sehingga Anda harus menyingkirkannya saat dimakan.

Dilansir dari cactuscare.com, buah pir berduri ini kaya akan asam lemak esensial, antioksidan, dan karotenoid (terutama buah yang merah), tinggi serat, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalsium, kalium, serta zat besi. Pada sebuah penelitian, buah ini dapat mengurangi kolestrol jahat dan kandungan pektin di dalamnya dapat menurunkan kebutuhan insulin pada penderita diabetes.

Buah Naga (Dragon Fruit)

Buah naga termasuk dalam jenis tanaman kaktus famili Cactaceae dan subfamili Hylocereanea dalam genus Hylocereus. Buah naga terbagi menjadi beberapa macam. Ada buah naga berdaging putih, berdaging merah keunguan, buah naga berdaging super merah, dan buah naga kulit kuning berdaging putih.

Buah ini memiliki rasa yang manis dan sedikit asam. Paling enak dikonsumsi dalam keadaan dingin dari kulkas. Untuk memakannya, Anda perlu memotong buah menjadi dua bagian dan menyendok isi dagingnya seperti Anda memakan dalam mangkuk. Meskipun berbiji, biji hitam kecil-kecil ini dapat dimakan beserta daging buahnya.

Buah naga mengandung vitamin C, vitamin A, kalsium, magnesium, kaya akan air, serat, zat besi dan fosfor. Biji buahnya juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovasikular.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Tanaman Hias di Dalam Ruangan untuk Kesehatan Tubuh

Kaktus Barel (Barrel Cactus)

Jenis kaktu barel banyak ditemukan di gurun-gurun Amerika khususnya bagian barat daya. Tingginya mencapai 1-3 meter dan merupakan tanaman beracun.

Namun, buahnya yang menyerupai bentuk buah nanas ini aman dikonsumsi dan rasanya enak, asam perpaduan lemon dan kiwi. Buah barel tidak berduri, sehingga aman untuk langsung dikonsumsi bahkan saat mentah.

Selain itu, daging buah dapat diolah menjadi bumbu penguat rasa dalam masakan.  Anda juga dapat memasak bijinya dengan cara dipanggang dan digiling sebagai campuran roti atau sup. Untuk memotong bijinya, cukup potong buah menjadi dua. Biarkan biji mengering selama 1-3 hari, lalu Anda dapat langsung mengolahnya.

Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, tinggi serat, dan buahnya mengandung sifat analgesik. Buah barel rendah lemak dan kalori, sehingga sangat cocok untuk tambahan diet sehat.

Buah Saguaro (Saguaro Cactus)

Saguaro atau Carnegiea gigantea adalah tanaman kaktus yang ditemukan di gurun Sonoran, Amerika Utara. Tanaman ini tinggi besar dan dapat tumbuh sampai 12-18 meter. Jenis kaktus ini memiliki buah yang dapat dimakan.

Buah Saguaro memiliki rasa yang manis ringan, hampir mirip stroberi. Daging buahnya biasanya diolah menjadi sirup, selai, atau minuman anggur. Nutrisi yang terkandung antara lain vitamin C, vitamin B12, protein, dan serat.

Kaktus Apel (Cereus Peruvianus)

Kaktus apel banyak tumbuh di padang pasir, tetapi juga dapat ditemukan di Brasil, Urugay, dan Argentina. Disebut kaktus apel karena kaktus ini menghasilkan buah yang mirip dengan buah apel. Saat matang, buahnya berwarna oren kemerahan. Kulit buahnya tidak berduri, sehingga aman untuk langsung dipetik.

Cara memakannya sama sepert buah naga. Rasanya asam manis, isian berwarna utih, dan biji yang berukuran kecil. Buah ini kaya akan kandungan gula alami, mineral, vitamin C, serat, dan beta-karoten.

Selanjutnya: Rekomendasi 6 Kaktus Mini untuk Tanaman Hias dalam Ruangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News