HOME, Bugar

Buah-buahan yang Baik untuk Penderita Penyakit Jantung Bengkak

Buah-buahan yang Baik untuk Penderita Penyakit Jantung Bengkak

MOMSMONEY.ID - Jantung bengkak atau yang dikenal dalam istilah medis sebagai kardiomegali adalah kondisi di mana jantung tidak bisa memompa darah dengan baik sehingga sirkulasi darah tidak lancar, dikutip dari Healthline.

Hal ini mengakibatkan banyaknya cairan yang tertahan dalam tubuh, terutama pada bagian jantung.

Dilansir dari Helath Focus, penyebabnya bisa beragam, mulai dari tekanan darah tinggi, kehamilan, tingkat stres yang sangat tinggi, berat badan yang berlebihan, penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan, kolesterol yang berlebihan, hingga dikarenakan faktor usia.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Orang yang Rentan Terkena Penyakit Jantung

Untuk mencegah dan membantu proses pemulihan pasca terkena penyakit jantung bengkak, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis buah untuk penyakit jantung berikut ini:

1. Buah sitrus

Selain buah alpukat dan buah berry, buah sitrus juga menjadi makanan untuk jantung bengkak. Buah sitrus merupakan buah-buahan seperti jeruk dan lemon.

Buah sitrus adalah kelompok buah yang mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Jenis antioksidan yang ada dalam buah sitrus adalah flavonoid, karatenoid, dan lain sebagainya.

2. Buah berry

Buah berry menjadi salah satu makanan untuk jantung bengkak yang bisa Moms konsumsi sehari-hari. Dalam buah berry terkandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu membantu mengobati jantung bengkak.

Dalam jurnal penelitan yang berjudul Berries: Emerging Impact on Cardiovascular Health, dijelaskan kalau buah berry mengandung anti inflamasi, kalsium, selenium, folid acid, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan masih banyak lagi.

3. Buah anggur

Buah anggur merah mengandung senyawa resveratrol yang banyak ditemukan di bagian kulitnya. Senyawa inilah yang memberikan warna merah keunguan pada buah anggur.

Resveratrol diketahui memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung.

Baca Juga: Mengenali Risiko Penyakit bisa Dilihat dari Golongan Darah 

4. Buah apel

Apel terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga membantu melindungi jantung Anda.

Bahkan, mengonsumsi satu buah apel setiap hari selama satu bulan dipercaya dapat mengurangi risiko terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah hingga 40%.

5. Buah alpukat

Alpukat sudah sangat dikenal bagus untuk kesehatan jantung karena di dalamnya terdapat kandungan lemak tak jenuh.

Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat bisa membantu mengontrol ketegangan yang terjadi pada area arteri dan bisa mengontrol kadar kolesterol dengan baik.

Tidak hanya itu saja, dalam alpukat juga ada natrium dan kalium yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung bengkak.

Itulah beberapa daftar makanan untuk jantung bengkak. Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak dan berkolesterol tinggi seperti gorengan, jerohan, makanan olahan, hingga makanan cepat saji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News