HOME, Bugar

Buah-buahan Ini Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, Yuk Cari Tahu di Sini!

Buah-buahan Ini Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, Yuk Cari Tahu di Sini!

MOMSMONEY.ID - Pengidap penyakit asam lambung alias GERD harus berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Tak terkecualli dalam mengonsumsi buah-buahan.

Pasalnya, ada beberapa jenis buah yang bisa memperparah GERD. Meski ada beberapa jenis buah yang harus dihindari, nyatanya masih ada jenis buah lainnya yang aman, bahkan baik untuk dikonsumsi pengidap GERD.

Penyakit asam lambung atau GERD ditandai dengan gejala berupa munculnya rasa terbakar di dada atau ulu hati. Kondisi ini juga bisa menyebabkan pengidapnya kesulitan menelan, mengalami mual, hingga muntah. 

Itulah mengapa orang yang memiliki masalah asam  lambung perlu menjaga asupan makanannya, termasuk buah, untuk mencegah kekambuhan. Dilansir dari WebMD dan Mayo Clinic 

Beberapa buah yang aman dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Menderita Sakit Maag

1. Pepaya 

Pengidap GERD juga bisa memilih buah pepaya. Buah ini mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium. Tidak hanya itu, buah pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu melancarkan pencernaan. 

2. Pisang 

Jenis buah ini cenderung aman dan memiliki kandungan senyawa yang berfungsi melawan asam. Pisang memiliki kandungan kalium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien.

Selain itu, pisang juga mengandung serat yang bisa melancarkan pencernaan sehingga mengurangi refluks GERD.

3. Semangka 

Semangka dikenal sebagai buah yang segar dan mengandung banyak air. Jenis buah ini ternyata juga aman dikonsumsi pengidap penyakit GERD.

Dalam satu buah semangka, terdapat kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Semangka juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dan bisa menetralkan asam lambung sehingga mengurangi refluks. 

 4. Apel 

Buah apel mengandung banyak vitamin, di antaranya vitamin A, C, D, dan B. Tidak hanya itu, buah ini juga kaya akan kandungan kalsium, zat besi, dan magnesium.

Beragam kandungan tersebut bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan dan bisa membantu menenangkan perut pada pengidap penyakit GERD.

5. Melon 

Melon juga aman dikonsumsi pengidap GERD. Seperti pisang, melon juga merupakan buah yang mengandung basa, sehingga bisa melawan asam. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung  

Secara umum, buah-buahan merupakan makanan yang menyehatkan. Hampir tidak ada dampak buruk dari mengonsumsi buah-buahan, kecuali jika Anda menderita gangguan GERD dan keliru dalam memilih jenis buah yang dikonsumsi.

Maka, cermatlah dalam memilih buah agar kebiasaan makan buah yang sehat tidak malah memperparah gejala maag.

Selanjutnya: Catat, ini 11 bahan alami pereda asam lambung tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News