BRI Himbau Nasabah Hati-Hati Memberikan Data Pribadi

Reporter: Nina Dwiantika
Jumat, 30 September 2022 | 09:42 WIB
BRI Himbau Nasabah Hati-Hati Memberikan Data Pribadi

ILUSTRASI. Aplikasi BRImo


MOMSMONEY.ID – Moms, kita sebagai pengguna layanan perbankan tidak boleh lengah atas aksi tipu-tipu bermodus penipuan social engineering (soceng). Moms diharuskan lebih waspada agar tidak membagikan data pribadi dan data perbankan kepada pelaku yang mengaku mengatasnamakan bank. 

Sudah tahu moms, soceng itu mempengaruhi pikiran korban dengan ‘angin surga’ melalui penawaran hadiah, atau menakut-nakuti seperti jika tidak melakukan yang diperintahkan akun nasabah bisa terblokir atau dikenai denda.

Nah, buat Anda nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto meminta agar nasabah BRI untuk selalu waspada dengan tidak memberikan data pribadi dan informasi lainnya melalui link dari sumber tidak resmi. Upaya itu diharapkan dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan data perbankan nasabah.

Baca Juga: Berikut Tips Untuk Melindungi Data Pribadi Anda

BRI tidak membuka channel di aplikasi chat group. Nasabah dihimbau agar senantiasa menggunakan channel resmi BRI.

Oleh karena itu, nasabah jangan pernah mengakses link yang mengatasnamakan BRI. Nasabah juga dihimbau tidak memberikan data pribadi dan data perbankan secara lisan apabila pelaku penipuan dengan soceng berusaha menghubungi melalui saluran telepon.

Dsemakin beragamnya modus penipuan secara digital, BRI menghimbau agar nasabah tidak sembarang menginstall aplikasi dengan sumber yang tidak resmi dan tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Baca Juga: Waspada! Berikut Modus Kejahatan Perbankan yang Baru

Aestika bilang bahwa data atau informasi dapat dicuri oleh para fraudster apabila masyarakat menginstal aplikasi dengan sumber tidak resmi yang dikirimkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.  

Jika nasabah mendapat notifikasi melalui SMS, surat elektronik atas transaksi yang tidak dilakukan, agar segera menghubungi Contact BRI yang resmi di 14017/1500017. Adapun data perbankan yang perlu dijaga oleh nasabah antara lain nomor rekening, nomor kartu, PIN, username dan password digital banking, OTP, dan lain-lain.

BRI senantiasa menginformasikan seluruh layanan melalui saluran komunikasi resmi yang dapat diakses nasabah melalui www.bri.co.id, Instagram @bankbri_id, Twitter bankbri_id, kontak bri, promo_bri, Facebook Bank BRI, YouTube Bank BRI, TikTok Bank BRI, dan call center BRI 14017/1500017.

Baca Juga: 5 Film Netflix Indonesia Paling Laris, Sudah Nonton?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nina Dwiantika

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER