HOME, AturUang

BPJS Bakal Terapkan Kelas Standar, Apakah Saatnya Beli Asuransi Tambahan?

BPJS Bakal Terapkan Kelas Standar, Apakah Saatnya Beli Asuransi Tambahan?

MOMSMONEY.ID - Beberapa waktu lalu santer terdengar bahwa BPJS kesehatan akan menerapkan kelas standar mulai tahun ini. 

Eko Endarto, perencana keuangan Finansia Consulting mengatakan, langkah ini sebenarnya menunjukkan seperti apa kemampuan BPJS Kesehatan saat ini. Apabila dipaksa menggunakan kelas 1, 2, dan 3, tapi pelayanannya setengah-setengah, tentu dampaknya tidak akan maksimal.

Baca Juga: Perlukah Menambah Asuransi Jika Sudah Memiliki BPJS? Baca Penjelasan Berikut

Para peserta BPJS Kesehatan mau tak mau harus menerima kebijakan tersebut. Namun, sebenarnya untuk menyiasati agar tetap aman dengan pelayanan kesehatan, kita bisa melakukan beragam cara. Salah satunya dengan menambah asuransi swasta.

Saran Eko, jika memang baru berniat menambah asuransi swasta, harus membandingkan dahulu kekurangan dan kelebihan dari JKN. Ada kekurangan JKN yang bisa ditutupi dengan kelebihan asuransi.

Begitu pun sebaliknya. Ada kekurangan pada asuransi swasta bisa dikover oleh kelebihan dari BPJS Kesehatan.

"Sebelum memutuskan membeli asuransi dengan tujuan melengkapi BPJS Kesehatan, sebaiknya kita mencari tahu dahulu bagaimana konsep kelas standar itu, " kata Eko. 

Misalnya saja, mencari tahu di rumahsakit sekitar tempat tinggal atau kantor, seperti apa kelas standar yang nanti ditawarkan. Jika memang tidak sesuai dengan harapan, baru mempertimbangkan pembelian asuransi tambahan.

 Namun, yang perlu diingat, ketika menggunakan program BPJS Kesehatan dan mendapat kelas standar, sebenarnya kita bisa memilih kelas yang lebih tinggi. Hanya saja, harus menyiapkan tambahan biaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News