Bugar

Borobudur Marathon 2022: Lokomotif Wisata, Ekonomi Lokal, dan Pertukaran Budaya

Borobudur Marathon 2022: Lokomotif Wisata, Ekonomi Lokal, dan Pertukaran Budaya

MOMSMONEY.ID - Selain menjadi ajang olahraga bergengsi, Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng bakal menjadi lokomotif yang menggerakkan laju pariwisata, ekonomi lokal, serta pertukaran budaya.

Bekerjasama dengan Yayasan Borobudur Marathon, Harian Kompas menggelar Borobudur Marathon 2022 dengan dukungan Bank Jateng dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ada tiga kategori dalam kompetisi utama Borobudur Marathon 2022: Borobudur Marathon Elite Race dan Bank Jateng Young Talent yang berlangsung 12 November serta Bank Jateng Tilik Candi pada 13 November.

Borobudur Marathon Elite Race dengan jarak lari 42,195 kilometer hanya diikuti pelari elite nasional yang lolos seleksi. Tahun ini, sebanyak 37 atlet nasional yang terdiri dari 26 atlet putra dan 11 atlet putri berpartisipasi dalam ajang ini.

Bank Jateng Young Talent yang merupakan kompetisi lari dengan jarak 10 kilometer menjadi wadah bagi talenta muda berusia 15–18 tahun untuk mengukur dan mengasah kemampuan mereka.

Sebanyak 30 pelari muda akan berlaga pada ajang ini. Bank Jateng Young Talent adalah kategori baru yang menjadi wadah penting untuk kaderisasi atlet lari jarak jauh.

Baca Juga: Tips Persiapan untuk Ikut Lari Maraton Bagi Pemula

Sementara Bank Jateng Tilik Candi dengan jarak 21,097 kilometer diikuti pelari umum dengan sistem ballot. Sebanyak 4.552 pelari ambil bagian dalam ajang ini.

"Ini ruang Anda semuanya untuk menunjukkan prestasi, dan tentu saja, kami harapkan ini menjadi inspirasi untuk para atlet maupun calon-calon atlet agar bisa menjadi atlet yang baik," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sementara Brand Ambassador Borobudur Marathon 2022 Kelly Tandiono mengingatkan pelari untuk mengasup karbohidrat yang cukup (carbo loading) sebelum berlari dan mencukupkan istirahat.

"See you at the finish line!", kata Kelly dalam pada konferensi pers di Magelang, Jumat (11/11). 

Borobudur Marathon

Mengambil garis start dan finish di Taman Lumbini, Borobudur Marathon 2022 menawarkan rute menantang di alam pedesaan sekitar Borobudur, yang akan memuaskan dan menghibur para peserta.

Ini juga menjadi cara untuk mengenalkan para pelari lebih dekat dengan Borobudur dan sekitarnya.

Baca Juga: Biar Aman, Simak 7 Tips Surfing bagi Pemula Berikut

Gerakkan ekonomi

Ribuan orang yang datang di Magelang dalam rangka Borobudur Marathon 2022 diyakini mampu membangkitkan wisata olahraga (sport tourism) di Magelang serta Jawa Tengah dan sekitarnya, seperti spirit awal digagasnya Borobudur Marathon.

Tak sekadar untuk mengikuti atau menonton kompetisi lari, orang bisa datang untuk berwisata di Magelang dan menikmati budayanya.

"Penyelenggaraan Borobudur Marathon menjadi salah satu event yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya, karena perekonomian masyarakat dapat terdongkrak melalui banyaknya peserta yang mengikuti ajang bergengsi ini," ujar Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

Menurut Supriyatno, Borobudur Marathon akan meningkatkan okupansi hotel, guest house, dan jenis penginapan lain, yang akan menambah pendapatan bisnis mereka.

Dalam gelaran ini, ada pula bazar produk kuliner dan kriya Magelang dari para UMKM terkurasi, yang akan menggerakkan pula perekonomian.

Antusiasme yang sama juga Ganjar Pranowo tunjukkan. "Di sini, teman-teman tak sekadar ikut lari, tetapi juga kami ajak untuk berwisata, belanja produk UMKM, dan menonton pertunjukan seni. Komplet," ungkap Ganjar.

Baca Juga: Tips Berolahraga di Kala Waktu Terbatas ala Melanie Putria

Semangat untuk bangkit itu juga selaras dengan tagline Stronger to Victory yang Borobudur Marathon usung tahun ini. Harian Kompas sebagai penyelenggara merasa tema ini sangat relevan dengan gelombang pemulihan di berbagai bidang pasca-pandemi.

"Setelah menghadapi tantangan berat berupa pandemi Covid-19 selama dua tahun belakangan, kali ini peserta Borobudur Marathon dan masyarakat Jawa Tengah diajak bersama-sama membawa energi positif untuk menjadi lebih kuat dan menyongsong kemenangan dalam arti luas," kaya Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo.

Rangkaian kemeriahan

Borobudur Marathon didesain agar dapat dinikmati semua kalangan, baik pelari maupun nonpelari, warga lokal maupun pengunjung. Untuk itu, sejumlah agenda penyerta dirancang untuk memeriahkan perhelatan ini, antara lain Pasar Harmoni, Race Expo, dan bazar buku.

Pasar Harmoni adalah bazar kriya dan kuliner dari UMKM Magelang yang tergabung dalam kelompok Pawone. Sejak 2019 Harian Kompas menggagas inisiatif Pawone. Anggota Pawone diseleksi, lalu diberikan pendampingan.

Produk-produk mereka di Borobudur Marathon menjadi etalase kecil akan kekayaan budaya lokal.

Sebanyak 22 UMKM lokal dari kelompok Pawone berpartisipasi dalam Borobudur Marathon 2022, terdiri atas 13 pelaku usaha kuliner dan 9 pelaku usaha kriya.

Baca Juga: Ingin Bersantai di Akhir Pekan? Ini Beberapa Ide Kegiatan Me Time yang Bisa Dicoba!

Pasar Harmoni digelar di Bank Jateng Tilik Candi pada 13 November 2022 dan Race Expo berlangsung di Ballroom Grand Artos Hotel & Convention pada 11–12 November.

Race Expo sendiri adalah ekshibisi untuk umum yang menjadi ucapan selamat datang untuk para pelari sekaligus etalase budaya Jawa Tengah. Ada tunnel khusus yang menampilkan secara visual rekam jejak para pelari elite di Borobudur Marathon 2017 hingga 2021.

Para peserta Bank Jateng Tilik Candi juga mengambil perlengkapan lombanya (racepack) pada Race Expo. Selain itu, tentu saja, pengunjung bisa menikmati parade budaya dan ragam hiburan lain di sini.

Inisiatif-inisiatif tersebut dirangkum Kompas lewat narasi #MenjadiLebihGayeng. Dalam bahasa Jawa, gayeng berarti rasa penuh semangat, kegembiraan, keberanian, dan keseruan.

Sejumlah acara lain juga dilaksanakan serangkaian dengan Borobudur Marathon 2022. Sebut saja, Kumpul Komunitas dan bazar buku murah dengan potongan harga hingga 50 persen di Bentara Budaya Yogyakarta pada 11–14 November 2022.

Kemudian, Kompas Lounge di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta pada 11–13 November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News