HOME, AturUang

Mau Bayar Liburan dengan Paylater? Baca Dulu Untung Ruginya di Sini

Mau Bayar Liburan dengan Paylater? Baca Dulu Untung Ruginya di Sini

MOMSMONEY.ID - Skema transaksi paylater tidak melulu berhubungan dengan pembelian produk-produk di e-commerce. Sekarang ini banyak produk dan jasa yang menawarkan model pembayaran dengan paylater.

Sebut saja aplikasi perjalanan, kini mereka gencar menawarkan metode pembayaran paylater. Ada aplikasi yang memang memiliki fitur ini, ada pula yang bekerjasama dengan aplikasi pinjaman online lainnya, yang melibatkan perbankan untuk memfasilitasi model pembayaran begini. 

Perusahaan teknologi itu bahkan menawarkan beragam promo menarik jika membayar dengan paylater, mulai dari potongan tarif hotel atau transportasi maupun produk-produk lainnya. Bahkan hingga mengutip bunga yang rendah.

Baca Juga: Bingung Cari Oleh-Oleh Dari Bali? Intip Dulu Beberapa Inspirasinya Berikut Ini

Kebanyakan promo itu seputar potongan harga untuk staycation jika membayar pakai skema paylater. Namun sayangnya, banyak orang tidak cermat, karena setelah dihitung-hitung jumlah cicilannya sama atau bahkan melebihi nilai pembayaran secara tunai.

Maklumlah, bisa saja keputusan orang menggunakan fasilitas paylater itu agar niatnya untuk bepergian, khususnya liburan, bisa cepat terlaksana. Jika harus menabung terlebih dulu akan menunggu lama, dan bahkan bisa saja setelah beberapa bulan menabung terjadi kenaikan harga.

Lantas, bagaimana sebenarnya penggunaan paylater untuk liburan? Bolehkah?

Widya Yuliarti, perencana keuangan Komunitas Menyala, mengatakan, paylater boleh untuk keperluan liburan. Tapi perlu dipahami juga bagaimana persisnya sistem paylater tersebut.

"Jika memang ada promo gratis biaya admin dan promo potongan, tidak ada masalah menggunakannya," katanya.

Baca Juga: Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Akan tetapi, kita juga tetap harus memiliki uang yang bisa digunakan untuk membayar tagihan paylater tersebut. Jangan sampai kita menganggap paylater ini adalah utang yang tidak perlu dibayar. Maka, perlu diingat, paylater memberikan fitur bisa dibayar di depan supaya kita bisa melunasinya di saat memiliki uang nantinya.

Budi Raharjo, perencana keuangan Oneshildt Financial Indepence, mengatakan, sah-sah saja apabila kita menggunakan paylater untuk suatu pengeluaran. Namun, sebagaimana pada umumnya kita memutuskan berutang, harus ada beberapa pertimbangan.

Pertama, jika memang keperluannya untuk hal yang konsumtif, tapi karena adanya promo, maka kita dapat memperoleh yang kita inginkan, yakni biaya yang lebih murah apabila memakai paylater. Contohnya liburan hemat, maka itu boleh saja digunakan.

Catatan kedua, tetap memperhatikan juga koridor lainnya. Misalnya, seperti apa kemampuan kita membayar saat tagihan sudah datang.

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah, sangat dianjurkan agar cicilan paylater untuk liburan ini tidak berlebihan karena dapat mengganggu keuangan.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Penderita Gagal Ginjal

 "Yang tidak boleh adalah ketika terlalu memaksakan untuk menggunakan paylater untuk liburan, padahal tidak jelas kemampuan mengembalikannya. Hal ini bisa membahayakan keuangan Anda sendiri," ujar Budi.

 Hal lain yang perlu diperhatikan adalah biaya-biaya yang dikenakan ketika menggunakan paylater. Untuk itu, Anda harus memperhatikan biaya bunga, administrasi, dan berbagai pungutan yang diterapkan paylater.

Yang juga tidak kalah penting adalah jangka waktu cicilan paylater. Budi mengingatkan, sebenarnya hal ideal untuk liburan adalah menggunakan dana liburan yang direncanakan jauh-jauh hari. Paling tidak sekitar 6 bulan-12 bulan sebelumnya.

 Akan tetapi, jika memang terpaksa menggunakan paylater sebagai pengeluaran konsumtif seperti liburan, maka jangka waktu cicilan sebisa mungkin tidak lebih dari satu bulan.

"Jangan sampai pengeluaran liburan yang singkat itu, membawa dampak keuangan berkepanjangan karena masih harus mencicil paylater dalam jangka waktu yang panjang," pesan Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News