HOME, Keluarga

Bolehkah Mendinginkan Makanan Panas Langsung Ke Dalam Lemas Es? Simak Faktanya

Bolehkah Mendinginkan Makanan Panas Langsung Ke Dalam Lemas Es? Simak Faktanya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mendinginkan makanan panas langsung ke dalam kulkas? Anda mungkin berpikir cara ini bisa mempercepat proses pendinginan makanan atau minuman tersebut dibandingkan harus mendiamkannya hingga dingin.

Apakah cara tersebut diperbolehkan? Simak fakta selengkapnya!

Melansir Mister Sparky, makanan panas yang dimasukkan ke dalam kulkas secara langsung diperbolehkan dengan berbagai catatan.

Baca Juga: Batas Waktu Ideal Menghindari Makanan Sebelum Basi atau Kedaluwarsa

Salah satunya, makanan panas akan membuat kulkas sedikit berkerja lebih ekstra. Sedangkan dari segi kesehatan, hal ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Dari segi kesehatan

Makanan panas yang langsung dimasukkan ke dalam kulkas akan menyebabkan makanan tersebut kehilangan nutrisinya. Tentu anda tidak mau makanan yang anda santap menjadi sia-sia belaka, bukan?

Selain itu, jika cara anda memasukan makanan panas ke dalam kulkas salah, maka anda hanya akan menyebabkan pertumbuhan pesat patogen berbahaya pada makanan.

Jika anda ingin mendinginkan makanan, hal yang paling tepat adalah dengan membagi-baginya ke dalam beberapa porsi kecil.

Baca Juga: Ini Dia Solusi Menghindari Makanan Agar Tidak Cepat Basi

Lalu tunggulah sebentar hingga berada pada suhu kamar. Setelah itu anda bisa langsung memasukkannya ke dalam kulkas.

Jangan biarkan makanan panas disatukan dengan makanan mudah busuk (seperti telur, daging ayam, daging merah, dan seafood). Karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kontaminasi silang.

Dampak ke lemari es

Dilansir dari Elektrolux, makanan panas yang langsung dimasukkan ke dalam lemari es, akan menyebabkan beban listrik kulkas berlebih.

Waktu proses pendinginannya pun menjadi sedikit lebih lama karena kulkas haru menurunkan suhu makanan panas menjadi normal sebelum berubah mnjadi dingin.

Uap yang akan dihasilkan dari makanan panas pun akan muncul secara berlebihan. Akibatnya, uap inilah yang akan menyebabkan frost atau embun beku pada kulkas di evaporator.

Uap itu juga yang menyebabkan kulkas menjadi bau. Jika hal ini terjadi, maka akan dengan mudah bakteri bersarang di dalamnya.

Baca Juga: Kunci ampuh menghindari makanan agar tidak cepat basi

Namun saat ini sudah banyak kulkas yang lebih modern dan dapat menangkal kuman, bakteri, serta bau dengan sangat mudah. Tapi perlu anda ingat, bukan berarti anda mengabaikan kesehatan hanya karena kulkas yang anda miliki adalah kulkas modern.

Kontaminasi silang dan berkembangnya patogen berbahaya akibat salah cara memasukkan makanan panas ke dalam kulkas masih sangat besar kemungkinannya akan terjadi. Jadi anda tetap perlu berhati-hati.

MomsMoney sarankan anda untuk mendinginkan suhu makanan panas ke suhu normal terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, agar tetap bisa menjaga kualitas makanan, kulkas, dan tentu kesehatan kita semua.

Selanjutnya: 3 Risiko yang Akan Terjadi Jika Peralatan Dapur Kurang Bersih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News