Santai

Bolehkah Donor Darah saat Sedang Haid? Berikut Jawabannya

Bolehkah Donor Darah saat Sedang Haid? Berikut Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Menstruasi kerap menghalangi wanita untuk mendonorkan darah. Lalu, apakah boleh donor darah ketika sedang menstruasi? Berikut ini adalah jawabannya.

Donor darah merupakan kegiatan yang ingin dilakukan oleh kebanyakan orang. Kegiatan ini memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh pendonornya.

Namun, seringkali wanita sering merasa terhalangi saat ingin mendonorkan darah karena sedang menstruasi.

Baca Juga: Sperma Encer? Ini 6 Makanan yang Bantu Mengentalkan Sperma

Faktanya, melansir dari laman Australian Red Cross Life Blood, menstruasi sama sekali tidak menghalangi proses donor darah.

Para wanita dapat tetap bisa mendonorkan darahnya walaupun sedang dalam masa menstruasi. Asalkan kadar hemoglobin dalam tubuh dalam kondisi layak, maka proses donor darah tetap dapat dilakukan.

Tentu saja, proses pengecekan di awal sebelum dilakukannya proses donor darah juga harus dilakukan terlebih dahulu.

Hal lain yang perlu diperiksa selain kadar hemoglobin adalah berat badan, umur, suhu tubuh, dan riwayat penyakit tertentu.

Jika tak ada halangan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka proses donor darah dapat dilakukan.

Baca Juga: 5 Barang Ini Jangan Dimasukkan Sembarangan dalam Microwave, Berbahaya!

Laman Cosmopolitan menyebutkan, yang perlu diingat kembali adalah sebaiknya tidak melakukan proses donor darah di saat hari-hari awal menstruasi. Karena, proses donor darah akan memengaruhi pengurangan jumlah zat besi dan hemoglobin dalam tubuh.

Sehingga, saat proses menstruasi sedang banyak-banyaknya akan membuat tubuh merasa tidak nyaman saat melakukan proses donor darah. Terutama, karena berkurangnya zat besi dan hemoglobin dalam tubuh.

Bagi yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur pun juga masih dapat memiliki kesempatan untuk mendonorkan darahnya. Hanya perlu memastikan bahwa sedang tidak dalam masa kehamilan saat melakukan proses donor darah.

Setelah melakukan proses donor darah, sebaiknya gunakan waktu untuk istirahat. Banyaklah mengonsumsi cairan yang bisa menambah kadar zat besi dalam tubuh. Serta, jangan lupakan untuk makan setelah melakukan proses donor darah.

Jika setelah melakukan proses donor darah kemudian mulai menyadari adanya efek samping, maka sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Itu tadi adalah penjelasan dan jawaban apakah boleh donor darah ketika menstruasi. Semoga membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News