CLOSE [X]
ads

Bolehkah Anjing Mengonsumsi Buah Tomat? Simak Dulu Syaratnya

Sumber: American Kennel Club
Jumat, 21 Januari 2022 | 14:42 WIB
Bolehkah Anjing Mengonsumsi Buah Tomat? Simak Dulu Syaratnya

ILUSTRASI. Bolehkah Anjing Mengonsumsi Buah Tomat? Simak Dulu Syaratnya


MOMSMONEY.ID - Anjing memang boleh diberi makanan manusia untuk dicicipi atau sebagai cemilan sesekali. Meski makanan tersebut tidak mendatangkan manfaat sekalipun, tidak masalah untuk memberinya sekali. Intinya, makanan itu aman dan tidak beracun untuk anjing.  

Dalam beberapa kasus, anjing terkadang menjadi menyukai salah satu makanan tersebut. Bahkan memakan makanan yang tak sengaja jatuh dari meja dapur, misalnya buah tomat. Bolehkah anjing memakannya?

Jawaban singkatnya, YA, anjing boleh makan tomat. Ini aman untuknya, asal Anda mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan dari buah tomat ini.

Baca Juga: Anda Perlu Tahu, Ini Jenis-Jenis Diare yang Terjadi pada Anjing

Dilansir dari American Kennel Club, tomat termasuk dalam keluarga sayuran nightshade, yang berarti tanaman tersebut mengandung beberapa komponen yang berbahaya bagi hewan tertentu, termasuk solanin. Solanin merupakan zat yang ditemukan di batang dan daun tomat, serta tanaman terkait yang berbahaya untuk anjing dalam jumlah besar.

Selain batang dan daunnya, solanin juga terdapat di dalam buah tomat yang masih muda atau hijau. Dalam jumlah sedikit (porsi tidak sengaja), ini tidak berbahaya untuk anjing. Namun, jika sudah mencapai jumlah yang banyak, ini akan menyebabkan keracunan tomat yang menyebabkan anjing menderita muntah, diare, air liur berlebih, kelemahan, kantuk, kebingungan, detak jantung tidak normal, dan lainnya. Anda bahkan perlu meminta bantuan ke dokter hewan.

Baca Juga: Ini Manfaat Mengonsumsi Telur untuk Kucing dan Cara Menyajikannya

Artinya, buah tomat matang yang merah adalah tomat yang aman dikonsumsi anjing dan tentunya Anda sudah menyingkirkan bagian daunnya.  Buah tomat memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan anjing. Tomat mengandung likopen yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan tulang yang kuat, beta-karote yang dapat meningkatkan kognisi, vitamin A yang membantu penglihatan, dan vitamin C yang baik untuk kulit. Tomat juga memiliki banyak serat larut dan tidak larut.

Meskipun buah tomat matang aman dan bermanfaat untuk anjing, Anda hanya dapat memberinya sebagai cemilan sesekali. Anda juga perlu memagar tanaman tomat di rumah untuk menghindari anjing memakan buah tomat itu sendiri tanpa pengawasan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru