HOME, Keluarga

Bolehkah Anak-Anak Minum Kopi?

Bolehkah Anak-Anak Minum Kopi?

MOMSMONEY.ID - Menikmati segelas kopi panas maupun dingin memang nikmat, terutama untuk menemani bersantai. Selain nikmat, kopi pun memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara wajar.

Melansir Hello Sehat, meminum kopi sesuai kebutuhan dapat menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan ideal, mengurangi risiko diabetes tipe 2, menjaga kesehatan otak, menjaga kesehatan organ hati, mengurangi risiko kanker, dan mengurangi risiko batu empedu.

Namun, apa jadinya jika yang mengonsumsi kopi adalah anak-anak?

Baca Juga: Apa Jadinya Jika Anak-Anak Mendengarkan Musik? Simak Faktanya

Seorang peneliti di Vanderbilt University Amerika Serikat bernama Dr Thomas Depaulis pernah mengungkapkan, bahwa anak-anak yang minum kopi dengan tambahan susu setiap hari cenderung tidak mengalami depresi dibandingkan dengan anak-anak yang tidak minum.

Ia menambahkan, bahwa tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang meminum kopi dalam jumlah wajar akan mengalami bahaya kesehatan.

Tak hanya itu, Dr Thomas Depaulis juga mengatakan bahwa kopi dalam jumlah sedang dapat membantu meningkatkan konsentrasi anak-anak.

Kontras dengan Dr Thomas Depaulis, sebuah website bernama Livestrong mengungkapkan alasan mengapa kopi memiliki efek buruk bagi anak-anak sebagai berikut:

  • Kopi dapat membuat anak-anak mengalami insomnia. Padahal, anak-anak usia 5-12 tahun membutuhkan waktu tidur setidaknya 11 jam perhari, sedangkan remaja 9-10 jam.
  • Kopi dapat menyebabkan gigi anak berlubang karena kopi bersifat asam sehingga dapat merusak email gigi.
  • Anak yang minum kopi rentan mengalami penurunan nafsu makan. Hal itu terjadi karena kopi cenderung membuat anak-anak makan lebih sedikit.
  • Tulang anak-anak yang minum kopi akan mudah mengalami pengeroposan karena kopi memiliki sifat diuretik. Diuretik dapat membuat produksi urin meningkat. Apabila hal itu terjadi, maka kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang anak dapat menghilang.
  • Kopi dapat membuat anak menjadi hiperaktif. Hal tersebut dikarenakan kopi memiliki sifat hiper-stimulan. Ketika anak menjadi hiperaktif, maka kegiatan harian mereka pun akan terganggu.

Sumber lain yakni tim ahli dari Food Standards Australia New Zealand (FSANZ) telah menganalisis literatur dari tahun 2000 dan menyimpulkan bahwa ada bukti yang menunjukkan peningkatan kecemasan pada anak-anak yang mengonsumsi kopi / kafein sebanyak 3mg perhari.

Baca Juga: Anak Gampang Marah? Begini Cara Mengatasinya

Jadi kesimpulannya, apakah anak-anak boleh minum kopi? Jika Moms berfokus pada penelitian dari Livestrong dan Food Standards Australia New Zealand (FSANZ), maka Moms dapat melewatkan untuk memberikan anak-anak kopi.

Namun, jika Moms sependapat dengan Dr Thomas Depaulis, maka Moms dapat memberikan anak-anak kopi dengan takaran yang wajar. Melansir Johns Hopkins All Children's Hospital, batas konsumsi kafein harian untuk anak berdasarkan pedoman dari Negara Kanada adalah sebagai berikut:

  • Usia 4-6 tahun: 45mg (setengah cangkir kopi)
  • Usia 7-9 tahun: 62.5mg
  • Usia 10-12 tahun: 85mg
  • Remaja: 85-100mg

Selanjutnya: Inspirasi Nama Bayi Bernuansa Islami

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News