Keluarga

Bisa Turunkan Kadar Kolestrol Jahat, Ini 4 Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan Tubuh

Bisa Turunkan Kadar Kolestrol Jahat, Ini 4 Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Ada setidaknya 4 manfaat biji nangka untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

Selain daging buahnya yang legit, nangka juga memiliki biji yang bisa dikonsumsi. Dibandingkan dengan biji buah tropis lainnya, biji nangka mengandung banyak nutrisi penting. Dalam biji nangka, ada kandungan pati, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan tingkat tinggi.

Biji nangka menawarkan serat dan pati resisten yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan termasuk mengendalikan rasa lapar, menurunkan kadar gula darah, serta meningkatkan pencernaan dan sensitivitas insulin.

Telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok sebagai afrodisiak, inilah 4 manfaat biji nangka untuk kesehatan tubuh sebagaimana dilansir dari Healthline.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Membantu Anak Belajar Berpikir Kreatif

1. Bertindak sebagai antibakteri

Dalam pengobatan tradisional, biji nangka kerap digunakan untuk meredakan diare. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa biji nangka memiliki efek antibakteri.

Satu studi menemukan bahwa biji nangka ditutupi dengan partikel kecil yang bertindak sebagai antibakteri. Pengujian partikel tersebut dilakukan terhadap bakteri umum seperti E.coli. Kesimpulan yang dihasilkan yakni biji nangka memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi agen terapeutik guna mencegah penyakit bawaan makanan.

Kendati demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki efektivitas biji nangka dalam penggunaan tersebut.

2. Menawarkan sifat anti-kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji nangka mungkin memiliki beberapa sifat anti-kanker. Hal ini diyakini karena biji nangka memiliki tingkat senyawa tanaman yang mengesankan dan kaya akan antioksidan khususnya flavonoid, saponin, dan fenolat.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa tanaman dalam biji nangka dapat membantu melawan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan, dan bahkan memperbaiki kerusakan DNA.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa ekstrak biji nangka mampu mengurangi pembentukan pembuluh darah kanker sebesar 61%. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki apakah biji nangka memiliki efek anti-kanker pada manusia.

Baca Juga: 7 Tanda Overhidrasi atau Terlalu Banyak Minum Air, Nomor 4 Bikin Tercengang

3. Membantu pencernaan

Sama halnya dengan biji tanaman lainnya, biji nangka juga mengandung serat larut dan tidak larut. Serat sendiri mampu membantu menormalkan gerakan usus dengan menambahkan jumlah besar ke tinja yang membuatnya lebih lembut dan frekuensinya meningkat.

Serat juga dianggap sebagai prebiotik yang bermanfaat untuk memberi makan bakteri menguntungkan pada usus. Adapun bakteri yang menguntungkan tersebut akan mendukung pencernaan yang sehat dan fungsi kekebalan tubuh.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa meningkatkan asupan serat dapat membantu meringankan sembelit. Selain itu, serat juga bisa melindungi tubuh dari penyakit radang usus dan meredakan gejala wasir. Nah, untuk membantu mencukupi asupan serat, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengonsumsi biji nangka.

4. Menurunkan kadar kolestrol jahat

Penelitian juga menunjukkan bahwa biji nangka dapat meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL). Kemungkinan besar, efek ini dikaitkan dengan kandungan serat dan antioksidan yang tinggi dalam biji nangka.

Kadar kolestrol baik (HDL) yang lebih tinggi memiliki efek melindungi jantung. Sementara itu, peningkatkan kadar kolestrol jahat (LDL) dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan peningkatan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa tikus yang makan lebih banyak biji nangka mengalami pengurangan kadar kolestrol jahat (LDL) dan peningkatan kadar kolestrol baik (HDL) dibandingkan dengan tikus yang makan lebih sedikit biji nangka. Dikarenakan penelitian ini masih terbatas pada hewan, maka diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Itulah 4 manfaat biji nangka untuk kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui juga bahwa biji nangka dapat meningkatkan pendarahan bila dikonsumsi bersama obat-obatan tertentu seperti aspirin, anticoagulant, obat antiplatelet, dan obat anti-inflamasi nonsteroid (ibufrofen atau naproxen).

Selain itu, biji nangka juga mengandung antinutrisi kuat yaitu tanin dan tripsin yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi serta pencernaan. Untuk alasan ini, biji nangka tidak boleh dikonsumsi mentah. Anda bisa memasak biji nangka dengan cara dipanggang atau direbus untuk mengurangi efek antinutrisi yang ada di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News