Keluarga

Bisa Tetap Sehat Sehabis Makan Gorengan dengan Ikuti 6 Tips Ini

Bisa Tetap Sehat Sehabis Makan Gorengan dengan Ikuti 6 Tips Ini

MOMSMONEY.ID - Gorengan adalah salah satu camilan yang kelezatannya sulit ditolak. Gorengan bisa disantap sebagai snack maupun teman makan nasi.

Meski sudah tahu gorengan sangat tidak bergizi dan mengandung banyak lemak, tapi masih banyak orang yang tak bisa berhenti mengonsumsinya.

Nah kali ini, MomsMoney akan memberikan tips pada Anda yang kecanduan gorengan agar tetap sehat setelah mengonsumsi gorengan dan berbagai jenis makanan berminyak lainnya.

Merangkum dari Food NDTV, Times of India, dan Style Craze, berikut selengkapnya!

Baca Juga: 7 Cara Memerahkan Bibir secara Alami, Bikin Bibir Bercahaya dan Lebih Lembut

Minum air hangat

Agar tetap sehat setelah banyak mengonsumsi gorengan, Anda perlu meminum air hangat. Air hangat dapat membantu menenangkan serta mengaktifkan sistem pencernaan Anda.

Minum air hangat dapat membantu memecah nutrisi menjadi bentuk yang dapat dicerna.

Jika Anda tidak minum cukup air, maka usus kecil akan menyerap air dari makanan untuk pencernaan, sehingga akan menyebabkan dehidrasi dan sembelit.

Teh hijau

Teh hijau bisa menjadi opsi yang baik untuk Anda agar tetap sehat setelah mengonsumsi gorengan.

Teh hijau mengandung flavonoid, yakni senyawa antioksidan yang dapat membantu menyeimbangkan beban oksidatif yang terjadi karena makanan berminyak pada sistem pencernaan.

Baca Juga: Resep Pedas Gurih Udang Kriuk Sambal Bawang, Rasa dan Aromanya Nendang Banget!

Konsumsi probiotik

Tips selanjutnya agar tetap sehat setelah makan gorengan adalah dengan mengonsumsi probiotik.

Mengonsumsi probiotik secara teratur dapat membuat pencernaan lancar, mengelola kesehatan usus, hingga memperkuat sistem pencernaan Anda terhadap minyak berlebih dari makanan (gorengan).

Baca Juga: 4 Nilai Positif yang Bisa Moms Ajarkan pada Anak saat Ikuti Upacara Kemerdekaan

Berjalan kaki

Setelah makan gorengan, tentu asupan kalori dalam tubuh meningkat sehingga ini harus dibasmi dengan berolahraga ringan apabila Anda tak mau gorengan yang Anda konsumsi berubah menjadi lemak tubuh.

Ambillah waktu selama 30 menit untuk berjalan kaki untuk membantu Anda tetap sehat, meningkatkan pencernaan, serta membantu menjaga berat badan ideal Anda.

Baca Juga: 3 Trik Teruji Cegah Buah Alpukat Berubah Warna Jadi Kecoklatan

Konsumsi buah dan sayur

Setelah makan gorengan, Anda harus mengonsumsi buah dan sayur agar tetap sehat. Ini karena buah dan sayur menyediakan cukup vitamin, mineral, dan serat bagi tubuh.

Gorengan dan makanan berminyak lainnya tidak memiliki serat dan mikronutrisi esensial, serta jumlah lemak trans yang tinggi sehingga dapat menyebabkan sembelit.

Disarankan untuk memakan buah dan sayur segar sebanyak 2-3 porsi dalam sehari.

Baca Juga: Mengapa Nanas Harus di Rendam dalam Air Garam? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Jangan langsung tidur

Setelah perut kenyang, seringkali Anda merasa ngantuk. Namun, agar tubuh tetap sehat setelah mengonsumsi gorengan adalah pantang untuk langsung tidur.

Tidur setelah mengonsumsi gorengan ataupun makanan berminyak lainnya dapat membuat lemak tertimbun dalam tubuh.

Selain itu, pencernaan juga jadi terganggu dan perut Anda menjadi kembung karena minyak menyebabkan refluks asam pada pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News