HOME, Bugar

Bisa Picu Gula Darah, 5 Buah Ini Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Diabetes

Bisa Picu Gula Darah, 5 Buah Ini Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Bagi penderita diabetes, memilih asupan makanan dan minuman merupakan hal yang sangat penting.

Soalnya, ada makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan ada pula yang sebaiknya dihindari. Hal itu penting untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. 

Kadar gula darah yang tinggi membuat pengidap diabetes (diabetesi) punya berbagai pantangan makanan.

Buah disebut-sebut sebagai salah satu pantangan bagi penderita diabetes. Padahal, buah-buahan tetap mengandung nutrisi yang dibutuhkan para pengidap diabetes. 

Baca Juga: Waspada! Sederet Makanan Ini Bisa Memicu Kolesterol Tinggi

Buah-buahan memang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk bagi pengidap diabetes melitus.

Namun, ada beberapa buah yang mengandung banyak gula sehingga konsumsinya perlu dibatasi oleh pengidap diabetes. 

Dilansir dari Mayo Clinic dan Everyday Health, berikut ini beberapa buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes, antara lain: 

1. Pisang

Buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes pertama adalah pisang. Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung karbohidrat tinggi.

Jika dimakan dalam porsi yang cukup, pisang aman untuk para diabetesi. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi pisang menjadi setengah potong saja setiap makan. 

2. Nanas

Buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes kedua adalah nanas. Buah pantangan penderita diabetes untuk dimakan secara berlebihan lainnya adalah nanas. 

Ini karena nanas mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi, yaitu 10 g pada setiap porsinya (dari porsi 100 g). Oleh sebab itu, batasi konsumsi nanas saat mengonsumsinya.

3. Anggur

Buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes ketiga adalah anggur. Buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes dalam jumlah banyak lainnya adalah anggur. 

Ini karena anggur mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi. Jadi, penderita diabetes disarankan untuk mengurangi konsumsi anggur agar gula darah Anda tidak melonjak. 

Baca Juga: Kenali Gejala Kanker Tiroid yang Perlu Diwaspadai

4. Mangga

Buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes keempat adalah mangga. Anda yang mengidap diabetes jelas perlu mengurangi konsumsi buah satu ini. 

Dalam 100 g buah mangga, terdapat karbohidrat sebanyak 15 g dan gula sebanyak 13,7 g. Inilah alasannya mangga menjadi salah satu pantangan buah untuk penderita diabetes. 

5. Tin

Buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes terakhir adalah buah tin. Buah tin atau disebut juga dengan buah figs mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi.

Dalam 100 g buah tin, terdapat 19,18 g karbohidrat dan 16,26 g gula. Artinya, buah tin menjadi salah satu pantangan penderita diabetes untuk dimakan dalam porsi yang banyak. 

Jika Anda masih ragu akan memasukkan pantangan makanan dalam menu diet diabetes, konsultasikan pada dokter atau ahli gizi.

Ingatlah bahwa prinsip pantangan untuk penyakit gula tidak hanya mengenai jenis makanan saja, tapi juga cara mengolah dan menyajikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News