Bugar

Bisa Obati Bisul, Ini Manfaat Lain Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Bisa Obati Bisul, Ini Manfaat Lain Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Ketahui beberapa manfaat rebusan daun sirsak untuk kesehatan. Sirsak merupakan salah satu buah yang kaya nutrisi. Bukan hanya dagingnya, rebusan daun sirsak juga memberikan manfaat kesehatan.  

Rebusan daun sirsak bisa membantu melawan kanker payudara, meningkatkan kesuburan, menurunkan berat badan, dan memperlambat penuaan dini.  

Rebusan daun sirsak juga dikenal sebagai satu obat-obatan herbal yang cukup populer. Dilansir dari Mayo Clinic dan Healthline, inilah beberapa manfaat  rebusan daun sirsak untuk kesehatan.

1. Anti penuaan

Manfaat rebusan daun sirsak untuk kesehatan tubuh salah satunya sebagai anti penuaan. Manfaat rebusan daun sirsak yang satu ini berasal dari vitamin C atau asam askorbat.   

Kedua zat tersebut bekerja sangat baik dalam melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang merupakan penyebab penuaan, infeksi, atau gangguan kulit.  

Baca Juga: Bisa Mencegah Kerusakan Hati, Ini Sederet Manfaat Lain dari Kangkung untuk Tubuh

2. Mengobati bisul

Manfaat rebusan daun sirsak untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah mengobati bisul. Anda dapat menempelkan rebusan daun sirsak pada bisul secara langsung atau meminum air rebusannya.  

Agar mendapat hasil yang baik, gunakanlah rebusan daun sirsak yang muda serta rutin minum air rebusannya agar bisa mendapatkan manfaatnya.   

3. Masalah rambut

Manfaat rebusan daun sirsak dapat mengatasi masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, rambut kasar, rusak, atau bahkan beruban.  

Agar mendapat manfaat tersebut, Anda bisa membuat pasta dari rebusan daun sirsak dan mengoleskannya pada kulit kepala.  

Selain itu, juga dapat menggunakan teh rebusan daun sirsak untuk dibilaskan pada rambut.  

4. Asam urat

Rebusan daun sirsak adalah menyembuhkan asam urat.  Dikutip dari riset terbitan Medical Journal of Lampung University, rebusan daun sirsak memiliki kandungan asetogenin dan senyawa flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan.   

Nantinya, kedua ini akan menurunkan kadar asam urat dengan cara menghambat atau mencegah pembentukannya.  

Baca Juga: Kenali Sederet Gejala Kurang Darah, Salah Satunya Rambut Rontok

5. Mengobati anemia

Rebusan daun sirsak memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Jika Anda meminum air rebusan atau tehnya, manfaat rebusan daun sirsak dipercaya akan mengurangi anemia karena dapat meningkatkan jumlah sel darah merah.  

Manfaat rebusan daun sirsak memang berpotensi untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Meski demikian, Anda tetap harus ke dokter dan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan untuk mengatasi keluhan kesehatan tersebut. 

Itulah beberapa manfaat rebusan daun sirsak untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News