HOME, Keluarga

Bisa Menyebabkan Penuaan Dini, Ini Pengertian dan Cara Mencegah Stres Oksidatif

Bisa Menyebabkan Penuaan Dini, Ini Pengertian dan Cara Mencegah Stres Oksidatif

MOMSMONEY.ID - Stres oksidatif dikutip dari Wikipedia adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya, intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh normal menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak. Bahkan, literatur medis membuktikan bahwa stres oksidatif adalah penyebab utama penuaan dini dan timbulnya penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, alzheimer, dan lain-lain.

Melansir Medical News Today, ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap stres oksidatif dan produksi radikal bebas yang berlebihan. Adapun faktor-faktor tersebut mencakup sebagai berikut:

  • Diet
  • Gaya hidup
  • Kondisi tertentu
  • Faktor lingkungan seperti polusi dan radiasi

Lalu, apakah stres oksidatif bisa dicegah? Tentu saja bisa. Dilansir dari HerZindagi, berikut beberapa cara mencegah dan menurunkan efek stres oksidatif menurut para ahli.

Baca Juga: Ini 4 Tips Merawat Gigi Anjing Peliharaan Supaya Tetap Sehat

1. Olahraga secara teratur

Berdasarkan penelitian dan pandangan dari berbagai ahli, satu hal yang dapat membantu Anda mengurangi stres oksidatif adalah olahraga secara teratur. Saat Anda rutin berolahraga, itu akan meningkatkan antioksidan alami dalam tubuh dan menurunkan kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Selain berolahraga, Anda juga bisa mencoba untuk bermeditasi karena meditasi merupakan cara yang bagus untuk mengurangi stres oksidatif sekaligus dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

2. Konsumsi makanan tinggi antioksidan

Agar tubuh Anda dapat menghasilkan antioksidan, Anda harus menerapkan pola makan kaya antioksidan minimal 5 porsi buah dan sayuran per hari. Pola makan ini setidaknya harus mencakup buah jeruk, zaitun, sayuran berdaun hijau, dan tomat.

Adapun sumber makanan lain yang dapat meningkatkan produksi antioksidan dalam tubuh yaitu ikan, kacang-kacangan, vitamin E, teh hijau, bawang putih, dan kunyit.

3. Hentikan kebiasaan merokok

Tentu Anda sudah tahu bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan bukan?

Kebiasaan merokok berpotensi meningkatkan stres oksidatif dengan cara memproduksi radikal bebas reaktif dan menurunkan sistem pertahanan antioksidan. Oleh sebab itu, segera hentikan kebiasaan merokok Anda sekarang juga jika tidak mau mengundang stres oksidatif.

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan karena dapat menciptakan keseimbangan bagi seluruh sistem tubuh.

Sebaliknya, tidak cukup tidur akan memengaruhi fungsi otak, produksi hormon, dan keseimbangan antioksidan yang dapat menyebabkan stres oksidatif.

5. Hindari makan berlebihan

Perlu Anda tahu bahwa makan berlebihan dapat membuat tubuh dalam keadaan stres oksidatif.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menyeimbangkan jumlah makanan Anda dan memastikan bahwa Anda makan pada interval yang tepat dengan porsi kecil atau sedang guna mencegah datangnya stres oksidatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News