Bugar

Bisa Menurunkan Kolesterol, Simak 5 Manfaat Wijen Hitam bagi Kesehatan

Bisa Menurunkan Kolesterol, Simak 5 Manfaat Wijen Hitam bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Simak manfaat wijen hitam bagi kesehatan. Salah satu manfaatknya, bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Biji wijen hitam adalah biji kecil kaya minyak yang tumbuh di polong tanaman Sesamum indicum. Biji yang belum dikupas memiliki kulit luar yang bisa dimakan utuh.

Tidak hanya wijen putih, wijen hitam juga memiliki banyak manfaat. Cara mengolah wijen hitam agar bisa dikonsumsi dengan disangrai atau dipanggang sampai matang.

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa manfaat biji wijen hitam untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda rasakan, di antaranya:

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab BAB Berdarah Agar Bisa Mengantisipasinya

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat biji wijen hitam yang pertama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan imunitas tubuh yang kuat, tubuh Anda pun tidak akan mudah terkena penyakit.

Kandungan zinc, selenium, tembaga, zat besi, antioksidan, serta folat pada biji wijen memiliki khasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Mendukung kesehatan tulang dan gigi

Manfaat biji wijen hitam yang kedua adalah mendukung kesehatan tulang dan gigi. Biji wijen merupakan salah satu sumber kalsium.

Kalsium ini banyak dijumpai pada bagian kulit biji wijen. Selain kalsium, wijen juga mengandung beberapa mineral penting, seperti magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Menurunkan kolesterol

Manfaat biji wijen hitam yang ketiga adalah menurunkan kolesterol. Biji wijen mengandung serat serta lignan dan fitosterol, yakni senyawa yang bisa menurunkan kolesterol.

Selain itu, berkat kandungan antioksidannya, biji wijen hitam juga bisa menghambat pembentukan plak di pembuluh darah (aterosklerosis), sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Tidak Hanya Enak, Ini Kandungan dan Manfaat Ikan Mujair untuk Kesehatan Tubuh

Mengurangi risiko kanker

Manfaat biji wijen hitam yang selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit kanker. tentunya gaya hidup sehat harus diterapkan demi mengurangi risiko terjadinya kanker.

Dikutip dari jurnal Nutrition and Cancer, manfaat wijen hitam terbukti efektif dalam mengurangi risiko tumor kolorektal, sehingga mencegah kanker kolorektal.

Melancarkan pencernaan

Manfaat biji wijen hitam yang terakhir adalah melancarkan pencernaan. Biji wijen adalah sumber serat yang baik. Berkat asupan serat yang cukup, pencernaan Anda bisa menjadi lebih lancar.

Asupan serat yang cukup juga baik untuk mencegah sembelit. Selain dari biji wijen, Anda juga bisa memenuhi asupan serat dari buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

Itulah manfaat biji wijen hitam untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan. Selain dikonsumsi secara langsung, biji wijen yang telah diolah menjadi minyak pun menyimpan beragam manfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News