Bugar

Bisa Menurunkan Gula Darah, Ini 5 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Bisa Menurunkan Gula Darah, Ini 5 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Sering diabaikan, ternyata daun kumis kucing memiliki sederet manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Simak manfaat daun kumis kucing di sini.

Daun kumis kucing adalah salah satu tanaman yang terkenal hanya tumbuh di area Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia. 

Meskipun sering diabaikan, ternyata tanaman herbal ini kerap dijadikan obat herbal untuk memberikan manfaat kesehatan, terutama daunnya.

Ada berbagai macam kandungan yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan mengobati penyakit, seperti anti-hipertensi, diuretik, anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-inflamasi.

Selain itu, seperti yang dilansir dari Bright Stuffs, berikut adalah berbagai manfaat daun kumis kucing yang perlu ddiketahui dan ternyata sangat baik untuk kesehatan, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Rekomendasi Jamu yang Baik untuk Kesehatan Wanita

Mengatasi masalah pada ginjal

Manfaat daun kumis kucing yang pertama bisa membantu mengatasi masalah pada ginjal. Ekstrak daun dan batang dari daun kumis kucing bisa mengatasi batu ginjal.

Hal ini disebabkan sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang ada bisa mencegah infeksi pada ginjal dan saluran kemih. 

Selain itu, daun kumis kucing saat diolah menjadi teh memiliki sifat diuretik dan detoksifikasi alami, mampu mengeluarkan racun dari tubuh. Alhasil, batu ginjal bisa menghilang.

Mencegah tekanan darah tinggi

Manfaat daun kumis kucing yang kedua adalah mencegah tekanan darah tinggi. Tanaman ini bisa mencegah tekanan darah tinggi karena kandungan antioksidan dan antiinflamasinya.

Kandungan pada daun ini mampu menyerang enzim pengubah angiotensin melalui bantuan dari asam rosmarinic. Sehingga, peregangan pada pembuluh darah terjadi yang akhirnya mencegah tekanan darah.

Mencegah diabetes

Manfaat daun kumis kucing yang selanjutnya dalah mencegah diabetes. Daun kumis kucing mengandung asam ursolat dan oleanolat, yang mampu menurunkan glukosa dalam darah di tubuh.

Selain itu, tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi yang baik dalam pencegahan diabetes. Saat diolah menjadi teh, peningkatan leptin di dalam tubuh sangat baik dalam mengontrol gula darah.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Andrographis Paniculata Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Mengatasi jamur

Manfaat daun kumis kucing yang keempat adalah mengatasi jamur. Daun kumis kucing memiliki sifat antijamur yang berfungsi mengatasi infeksi jamur, terutama yang disebabkan Candida Albicans.

Infeksi jamur ini bisa menyebabkan infeksi saluran kencing dan candidemia. Maka dari itu, konsumsi olahan tanaman ini menjadi salah satu cara alami yang bisa dipilih untuk pengobatan.

Mengobati masalah gusi

Manfaat daun kumis kucing yang terakhir adalah mengobati masalah gusi. Banyak orang sering bermasalah dengan gusi bengkak dan itu bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Rasa sakit dan bengkak yang berhubungan dengan gusi bisa dengan mudah diatasi dengan memanfaatkan ramuan dari daun kumis kucing.

Meskipun beberapa sudah didukung penelitian yang kuat, konsultasi kepada dokter sebelum menggunakannya tetap harus dilakukan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News