Keluarga

Bisa Mengurangi Kecemasan, Simak 6 Manfaat Punya Akuarium di Rumah

Bisa Mengurangi Kecemasan, Simak 6 Manfaat Punya Akuarium di Rumah

MOMSMONEY.ID - Ini 6 manfaat punya akuarium di rumah untuk kesehatan tubuh dan mental yang perlu Anda catat.

Setelah anjing dan kucing, ikan menjadi hewan peliharaan terpopuler ketiga. Selain mampu menambah nilai estetika, memelihara ikan dan menempatkannya ke dalam akuarium juga menawarkan manfaat yang tidak main-main untuk kesehatan lho Moms.

Penasaran apa saja manfaatnya?

Dilansir dari Rate My Fish Tank, berikut 6 manfaat punya akuarium di rumah untuk kesehatan tubuh dan mental.

Baca Juga: Untuk Calon Pasutri, Simak 6 Tips Menabung untuk Biaya Menikah Berikut

1. Mengurangi stres

Mengelola tingkat stres sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Kabar baiknya, memiliki akuarium di rumah bisa membantu mengelola tingkat stres dengan lebih baik.

Saat Anda menghabiskan waktu di sekitar akuarium, itu akan mendatangkan suasana damai dan ketenangan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi stres.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur malam yang nyenyak merupakan kunci kesehatan jangka panjang. Tidur adalah cara tubuh untuk mengisi ulang dan melakukan perbaikan. Tidur juga memberikan waktu bagi otak untuk mengkonsolidasikan memori serta membangun koneksi baru.

Kendati demikian, tidur bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Untungnya, memandang akuarium sebelum tidur mampu membantu menenangkan tubuh sekaligus pikiran untuk memudahkan tidur.

Sekali pun akuarium berada di luar kamar tidur, gemericik air yang dihasilkan akuarium tetap dapat membantu Anda untuk tertidur.

3. Mengurangi kecemasan dan rasa sakit

Menatap akuarium untuk beberapa saat ternyata memiliki efek yang menghipnotis. Kehadiran akuarium di dalam ruangan akan membuat detak jantung melambat dan tekanan darah menjadi normal. Yang tak kalah menarik, stres dan kekhawatiran juga akan ikut berkurang.

Akuarium telah terbukti dapat mengurangi kecemasan dan rasa sakit pada pasien gigi.

Menurut sebuah laporan ilmiah, meletakkan akuarium di ruang tunggu bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan selama prosedur perawatan gigi sekaligus mengurangi jumlah obat pereda nyeri yang dibutuhkan setelahnya.

Baca Juga: 4 Warna Dinding Kamar Tidur yang Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Apa Saja?

4. Menenangkan anak-anak dan pasien alzheimer

Lebih dari sekadar memberikan rangsangan visual yang dapat meningkatkan fokus dan kreativitas, akuarium juga mampu memberikan efek yang sangat menenangkan.

Manfaat tersebut telah diamati pada anak-anak yang hiperaktif serta pasien alzheimer. Dalam satu penelitian yang dilakukan di Purdue University, keberadaan akuarium di rumah dapat meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, dan nafsu makan pada pasien alzheimer.

Di sisi lain, akuarium bisa membuat anak-anak yang bergumul dengan masalah perilaku menjadi lebih tenang. Konsentrasi dan kualitas tidur mereka pun juga cenderung meningkat saat disuguhi akuarium. Pada gilirannya, konsentrasi dan kualitas tidur yang baik akan meningkatkan kinerja anak di sekolah.

5. Menurunkan tekanan darah dan detak jantung

Memajang akuarium di rumah dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda, lho. Tatkala Anda menatap akuarium, itu akan memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

Menurut sebuah penelitian, melihat akuarium kosong mampu mengurangi detak jantung sebesar 3%. Sementara itu, melihat akuarium berisi ikan mampu menghasilkan pengurangan detak jantung mencapai 7%.

Jadi, membuat atau membeli akuarium dan meletakkannya di dalam rumah sangat layak untuk dipertimbangkan jika Anda sedang bermasalah dengan tekanan darah tinggi atau masalah kesehatan jantung.

6. Meningkatkan fokus dan kreativitas

Kehadiran akuarium dapat menenangkan tubuh dan pikiran serta membebaskan Anda dari stres dan kecemasan yang mungkin menghambat aktivitas sehari-hari.

Cobalah untuk meletakkan akuarium di ruang kerja. Dengan begini, fokus dan kreativitas Anda akan meningkat untuk memaksimalkan produktivitas.

Stimulasi visual dari akuarium berisi ikan yang aktif juga memiliki efek terapeutik. Efek ini akan memberikan hal lain untuk difokuskan oleh pikiran Anda selama beberapa menit ketika Anda sedang mengatasi suatu masalah. Menarik sekali ya, Moms.

Itulah 6 manfaat punya akuarium di rumah untuk kesehatan tubuh dan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News