CLOSE [X]
ads

Bisa Mengatasi Ketombe, Ini Ragam Manfaat Minum Jus Pare untuk Rambut dan Kulit

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:50 WIB
Bisa Mengatasi Ketombe, Ini Ragam Manfaat Minum Jus Pare untuk Rambut dan Kulit


MOMSMONEY.ID - Pare yang memiliki nama ilmiah Momordica charantia merupakan jenis tanaman rambat yang memiliki cita rasa pahit.

Sering dijadikan lauk, siapa sangka jika pare dapat dikonsumsi dalam bentuk jus. Meskipun pahit, namun jus pare menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh termasuk kulit dan rambut. Mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, retinol, dan vitamin B3, apa sajakah manfaat yang terdapat dalam jus pare?

Dilansir dari BeBeautiful, inilah 6 manfaat minum jus pare untuk kesehatan kulit dan rambut.

Baca Juga: Catat! 12 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

1. Bertindak sebagai anti-aging

Selain menggunakan skincare, perawatan anti-aging juga perlu Anda lakukan dari dalam. Anda bisa mulai memasukkan makanan yang menawarkan manfaat anti-aging seperti pare ke dalam diet Anda.

Pare mengandung vitamin C yang mana vitamin C merupakan salah satu bahan yang sangat baik untuk kulit. Kandungan vitamin C dalam pare dapat membantu melawan radikal bebas. Tak sampai di situ, antioksidan dalam pare juga tergolong kuat dan mampu melawan kerutan serta garis halus.

Dengan mengonsumsi jus pare secara teratur, itu akan memperkuat lapisan pelindung kulit dan mencegah kerusakan akibat sinar UV. Alhasil, tanda-tanda penuaan dini pada kulit Anda pun akan berkurang.

2. Mempercepat penyembuhan

Kulit memang memiliki sifat penyembuhan sendiri. Oleh sebab itu, berbagai luka seperti luka bakar maupun bekasnya akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Bahkan, bintik-bintik bekas jerawat yang membandel akan secara alami memudar setelah beberapa waktu.

Kendati begitu, ada berbagai bahan dan makanan tertentu yang dapat Anda manfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, dan pare adalah salah satunya. Anda bisa mengonsumsi jus pare karena minuman ini dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh tanpa membentuk gumpalan. Nah, saat aliran darah lancar, luka pun akan lebih cepat untuk sembuh.

Manfaat lainnya dari jus pare yaitu mencegah infeksi. Jadi, jika Anda memiliki bekas luka atau bintik-bintik pada kulit Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk minum jus pare segar setiap hari guna membantu memperbaiki kulit Anda dengan lebih cepat.

3. Mencegah gangguan kulit

Jika Anda memiliki masalah kulit seperti jerawat, ruam, psoriasis, dan eksim, maka Anda dapat memperoleh banyak manfaat dari rutin minum jus pare. Mampu menjadi pembersih darah, jus pare dapat membantu melawan infeksi kulit dan memberikan cahaya yang sehat. Sifat anti-inflamasi yang ada di dalam jus pare bahkan dapat mengontol jerawat dan membantu mengobatinya dengan cepat.

Selain diminum, jus pare juga bisa dimanfaatkan dengan cara aplikasi topikal. Orang-orang yang menderita eksim cenderung akan menemukan kelegaan dari rasa gatal yang dialaminya setelah mengoleskan jus pare ke area kulit yang terdapat eksim. Untuk hasil terbaik, Anda bisa mencoba minum jus pare sekaligus mengoleskannya ke area kulit yang bermasalah.

4. Mengatasi ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang umum dan memalukan. Pasalnya, serpihan ketombe dapat berjatuhan ke baju dan menurunkan kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, Anda bisa mulai memanfaatkan jus pare secara rutin karena ramuan ini cukup efektif untuk mengatasi ketombe secara alami.

Caranya, oleskan secara langsung jus pare yang sudah dicampur dengan pisang matang ke kulit kepala Anda. Diamkan jus selama 10-20 menit pada rambut Anda kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

5. Merawat rambut rontok

Manfaat jus pare lainnya adalah membantu mengobati kerontokan rambut. Jika penataan atau pewarnaan rambut yang konstan telah merusak kesehatan rambut Anda dan menyebabkan kerontokan yang parah, cobalah untuk minum jus pare guna membantu memperbaikinya.

Selain diminum, jus pare juga bisa Anda campurkan dengan gula untuk dioleskan secara langsung ke rambut. Campuran jus pare dan gula ini akan membentuk pasta scrub rambut yang berguna untuk membantu membersihkan kulit kepala secara mendalam serta meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga, kerontokan rambut pun akan terhenti dan pertumbuhan rambut akan semakin meningkat.

6. Menghentikan pertumbuhan uban sedari dini

Tanda-tanda penuaan akan mulai terlihat sejak pertengahan usia 20-an baik pada kulit maupun rambut. Meskipun tidak apa-apa saat memiliki rambut beruban, namun terkadang keberadaan uban dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri terutama bagi Anda yang masih sangat muda.

Sebagai obat alami untuk menghentikan pertumbuhan uban prematur, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai mengonsumsi jus pare. Sebelum meminumnya, Anda bisa menyisihkan sedikit jus pare untuk dioleskan pada akar dan untai rambut yang berwarna abu-abu. Setelah dioleskan pada rambut, diamkan jus pare selama sekitar 10 menit hingga kering.

Bilas rambut Anda dengan air hangat sampai benar-benar bersih. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa mengulangi perawatan ini setidaknya seminggu sekali.

Setelah mengetahui manfaatnya, kira-kira bagaimana cara membuat jus pare yang nikmat dan segar?

Pertama-tama, siapkan 1 pare besar atau 2 pare kecil kemudian potong kecil-kecil dan buang bijinya namun tidak perlu dikupas bagian pinggirannya yang kasar. Masukkan potongan pare, air, jus lemon, dan madu secukupnya ke dalam blender lalu haluskan. Terakhir, saring jus pare dan masukkan ke dalam gelas favorit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru