HOME, Santai

Bisa Dihilangkan! Berikut Ini Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

Bisa Dihilangkan! Berikut Ini Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

MOMSMONEY.ID - Munculnya back acne atau jerawat punggung tentunya dapat mengganggu penampilan Anda. Apalagi ketika Anda menggunakan pakaian dengan punggung terbuka, yang membuat rasa percaya diri menurun.

Sama dengan kondisi kulit wajah, kulit di bagian punggung juga memproduksi sebum sebagai minyak alami. Memiliki  fungsi untuk memberikan kelembapan alami pada kulit dan rambut. 

Jerawat bisa saja terbentuk dari produksi sebum berlebih yang menyumbat pori-pori. Di samping itu sisa kotoran juga bisa menjadi penyumbat pori-pori yang mengakibatkan jerawat. 

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadi back acne atau jerawat punggung. 

Baca Juga: 5 Tanda-Tanda Kulit Anda Sedang Stress

Mandi setelah berolahraga

Biasakan diri untuk selalu mandi setelah berolahraga. Keringat menjadi salah satu penyebab munculnya back acne atau jerawat punggung. Keringat menghambat kondisi kulit untuk bernafas sehingga membuat pori-pori tersumbat dan mengakibatkan munculnya jerawat punggung.

Membilas rambut dengan bersih

Sisa shampoo maupun kondisioner bisa menempel pada kulit. Jika dibiarkan begitu saja akan membuat pori-pori tersumbat. Maka dari itu penting untuk membilas rambut dari sisa shampoo dan kondisiner dengan benar dan bersih. Pastikan tidak ada sisa produk yang menempel pada bagian punggung.

Baca Juga: 6 Rutinitas Skincare Sebelum dan Sesudah Workout, Apa Saja?

Gunakan pakaian longgar

Pakaian yang longgar dan terbuka bisa membantu kulit untuk bernafas. Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan pakaian ketat terutama saat berolahraga, akan membuat kulit susah untuk bernafas. Pastikan pakaian Anda cukup longgar dan bersih agar kulit tetap bisa bernafas dan dalam kondisi yang sehat.

Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi secara rutin maksimal dua kali dalam seminggu untuk membersihkan kulit dari sisa kotoran dan kulit mati. Anda bisa menggunakan bahan atau produk eksfoliasi yang lembut bagi kulit agar tidak merusak kondisi kulit.

Gunakan produk non-comedogenic

Anda bisa menggunakan produk perawatan tubuh yang bersifat non-comedogenic. Produk tersebut memiliki manfaat untuk membantu membersihkan kulit dari kotoran yang menyumbat pori-pori. Sehingga akan cocok digunakan untuk membantu mengatasi back acne atau jerawat punggung.

Selanjutnya: Mengenal Penyebab Rambut Beruban dan Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News