Bugar

Bisa Dicoba Nih! Ini 5 Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Penyakit Jantung

Bisa Dicoba Nih! Ini 5 Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Penyakit Jantung

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa olahraga yang cocok untuk pengidap penyakit jantung yang perlu Anda ketahui, dan bisa Anda coba lakukan secara rutin.

Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, tidak semua orang memiliki kondisi tubuh yang baik untuk berolahraga, apalagi bagi para pengidap penyakit jantung. 

Bahkan, bila tetap memaksakan diri, maka bisa berakibat fatal bagi kesehatan orang tersebut. Makanya, pilihan olahraga harus tepat agar tidak menimbulkan masalah nantinya.  

Pengidap penyakit jantung adalah contoh orang yang perlu berhati-hati bila ingin berolahraga. 

Ada ketentuan-ketentuan yang perlu diperhatikan saat melakukan aktivitas fisik tersebut agar tidak membahayakan kondisi jantung.  

Dilansir dari Health Focus, ada beberapa olahraga yang cocok untuk pengidap penyakit jantung yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda coba lakukan secara rutin, antara lain: 

1. Bulu tangkis, sepak bola, futsal, dan bola basket

 Kevin Sanjaya - Marcus Gideon

Olahraga yang cocok untuk pengidap penyakit jantung pertama adalah olahraga bulu tangkis, sepak bola, futsal, dan basket.  

Meskipun bisa memacu kerja otot jantung, olahraga tersebut biasanya memberikan waktu untuk beristirahat. 

Baca Juga: 10 Penyakit yang Ditandai dengan Kaki Tiba-Tiba Bengkak, Waspada!

2. Berjalan kaki

Jalan kaki pagi hari

Olahraga yang cocok untuk pengidap penyakit jantung kedua adalah berjalan kaki. Berjalan kaki adalah olahraga yang menggerakkan hampir seluruh bagian tubuh. 

Berjalan kaki juga termasuk olahraga yang berintensitas ringan yang tidak akan membuat otot jantung bekerja keras, sehingga aman untuk dilakukan oleh pengidap jantung koroner. 

3. Sepeda santai

manfaat bersepeda

Olahraga yang cocok untuk pengidap penyakit jantung ketiga adalah sepeda santai.  

Bersepeda santai saat cuaca tidak terlalu panas di sore hari bisa menghilangkan stres dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. 

Selain itu, olahraga yang satu ini juga hanya akan membuat otot jantung bekerja dengan intensitas yang ringan sampai sedang. Alhasil, tidak akan berakibat fatal pada otot jantung. 

4. Meditasi

Meditasi

Olahraga yang cocok untuk pengidap penyakit jantung keempat adalah meditasi. Meditasi juga merupakan aktivitas fisik yang tidak banyak menguras tenaga. 

Selain itu, meditasi juga bermanfaat untuk melatih pernapasan dan membuat kondisi batin menjadi tenang. 

Baca Juga: Bisa Mencegah Kanker, Ini Sederet Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh

5. Aerobik

Karyawan Kontan Mengikuti Senam Zumba

Olahraga yang cocok untuk pengidap penyakit jantung kelima adalah aerobik.  

Meskipun memiliki banyak gerakan yang energik, gerakan aerobik tidak membuat kerja otot jantung menjadi berat. Jadi, masih aman dilakukan pengidap jantung koroner. 

Itulah lima jenis olahraga yang baik bagi pengidap jantung. Kalau Anda yang memiliki penyakit jantung ingin berolahraga, Anda bisa minta saran dulu dari dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News