Bugar

Bisa Dicoba Moms, Ini 5 Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Bisa Dicoba Moms, Ini 5 Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Jika Anda sering mengalami bibir kering, inilah beberapa cara yang bisa Ada lakukan untuk mengatasi bibir kering secara alami.

Bibir kering tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan tertentu yang jarang diketahui. 

Kulit bibir tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas alami. Hal inilah yang menyebabkan bibir lebih mudah kering dibandingkan bagian kulit lainnya. 

Untuk mengatasi bibir kering secara alami, ada cara yang bisa Anda coba, baik melalui perawatan dari luar maupun dari dalam.   

Bersumber dari Women's Health, berikut beberapa cara mengatasi bibir kering secara alami yang bisa Anda coba di rumah, antara lain:  

Baca Juga: Ingin Tubuh Tetap Fit? Ini 5 Makanan untuk Detoks Tubuh secara Alami

1. Konsumsi makanan kaya akan vitamin B

Cara mengatasi bibir kering secara alami yang pertama adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B. Kekurangan vitamin B bisa menyebabkan iritasi di pinggiran bibir. 

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan kaya akan vitamin B, seperti telur, daging, ikan, tempe, tahu, sayuran berdaun hijau, dan nasi merah, dapat mengatasi bibir kering yang Anda alami. 

2. Coba scrub bibir alami

Cara mengatasi bibir kering secara alami yang kedua mencoba eksoliasi dengan membuat scrub bibir sendiri secara alami.  

Ini dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat lip balm sulit mencapai lapisan bibir dan melembapkannya. 

Anda bisa membuat sendiri scrub bibir dari bahan alami yang ada di rumah. Dengan menggunakan gula atau garam sebagai bahan eksfoliasi, dan madu atau minyak sebagai emolien. 

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Inilah 6 Manfaat Skincare untuk Kulit Wajah

3. Minum air putih yang cukup

Cara mengatasi bibir kering secara alami yang ketiga adalah minum air putih yang cukup. 

Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. 

Kondisi ini dapat ditandai dengan berbagai gejala dan salah satunya adalah bibir kering.

Nah, dengan rutin minum air putih, Anda pun akan terhindar dari kondisi bibir kering. 

4. Jaga kelembapan udara

Cara mengatasi bibir kering secara alami yang selanjutnya adalah menjaga kelembapan udara. Udara kering merupakan salah satu penyebab bibir kering. 

Jika udara di sekitar Anda terasa kering hingga menyebabkan kulit dan bibir kering, Anda dapat mencoba menggunakan alat pelembap udara atau humidifier untuk menjaga kelembapan udara. 

Baca Juga: Rambut Sering Rontok? Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mencegahnya Moms

5. Pakai masker madu

Cara mengatasi bibir kering secara alami yang terakhir adalah menggunkan masker madu. Madu memiliki sifat antiinflamasi dan penyembuhan luka. 

Madu bisa melembapkan bibir dan melindungi dari pecah-pecah dari infeksi. Ini juga berfungsi sebagai eksfoliator ringan dan dapat membantu menghilangkan kulit mati dan kering dari bibir. 

Cara mengatasi bibir kering secara alami ini bisa dimulai dengan berbagai cara sederhana di atas dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasilnya. 

Namun, bila bibir kering dan pecah-pecah tidak kunjung membaik setelah dilakukan beberapa kali, konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Jika Anda sering mengalami bibir kering, itulah beberapa cara yang bisa Ada lakukan untuk mengatasi bibir kering secara alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News