Bisa Dicoba! Inilah 5 Makanan untuk Mencegah Osteoporosis yang Bisa Anda Konsumsi

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 30 September 2022 | 10:30 WIB
Bisa Dicoba! Inilah 5 Makanan untuk Mencegah Osteoporosis yang Bisa Anda Konsumsi


MOMSMONEY.ID - Osteoporosis adalah proses pengeroposan tulang akibat menurunnya kepadatan seiring bertambahnya usia, namun saat ini anak muda juga banyak yang mengalaminya dilansir dari Healty Bones. 

Maka itu, Anda perlu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang agar terhindar dari penyakit osteoporosis. Salah satunya dengan konsumsi makanan bergizi seimbang.

Nutrisi untuk mencegah osteoporosis adalah kalsium dan vitamin D. Makanan yang mengandung kalsium berguna untuk memperkuat tulang, sedangkan vitamin D untuk penyerapan kalsium.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk mencegah osteoporosis sejak dini. Salah satu caranya adalah konsumsi makanan bergizi seimbang agar kesehatan dan kepadatan tulang terjaga. 

Baca Juga: Sering Disepelekan, Inilah Gejala Radang Tenggorokan Akut yang Perlu Diketahui

Dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa makanan untuk mencegah osteoporosis yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Kacang kedelai

Kacang kedelai kaya akan vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan yang ada dalam kedelai antara lain vitamin B, vitamin D, dan vitamin E. Kandungan susu kedelai lainnya adalah isoflavon dan phytoestrogen.

Tahu

Makanan untuk mencegah osteoporosis kedua adalah tahu. Tahu mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, serta vitamin D, A, B6, dan C. Kandungan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Roti

Roti mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga bisa menahan rasa lapar lebih lama. Selain karbohidrat, roti juga mengandung vitamin B1, B2, zat besi, dan kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Baca Juga: Ketahui 5 Tanda Tubuh Anda Terkena Alergi Obat

Sayuran hijau

Selain dari susu dan produk olahannya, kalsium juga dapat diperoleh dari beberapa sayuran hijau berdaun gelap. Misalnya seperti kangkung, kale, sawi hijau hingga brokoli.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua sayuran yang kaya akan kalsium, baik untuk kesehatan tulang. 

Kacang almond

Kacang almond mengandung kalsium, magnesium, dan protein yang bermanfaat dalam membantu terbentuknya tulang yang kuat dan sehat.

Selain tulang, mengonsumsi kacang almond juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, lemak tubuh, hingga faktor risiko pemicu gangguan metabolik tertentu.

Selain konsumsi makanan tersebut, osteoporosis juga dapat dicegah sedari dini dengan penerapan gaya hidup sehat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER