Bugar

Bisa Dicoba! Ini Dia Cara Mengatasi Mata Minus secara Alami

Bisa Dicoba! Ini Dia Cara Mengatasi Mata Minus secara Alami

MOMSMONEY.ID - Mata minus (miopi) atau yang dikenal dengan istilah rabun jauh, merupakan gangguan mata yang sangat umum terjadi dan bisa terjadi pada siapa saja. 

Perlu diingat bahwa mata minus membuat pengidapnya mengalami kesulitan ketika melihat benda dengan jarak tertentu dan jika gejala terlalu parah bisa menyebabkan pusing.

Tujuan mengatasi mata minus adalah mengoreksi penglihatan dengan membantu memfokuskan cahaya pada retina pengidapnya.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele! Ketahui 5 Tanda Tubuh Terkena Alergi Obat

Meskipun mata minus tidak bisa diobati secara langsung, namun dilansir dari Health Focus, ada beberapa cara mengatasi mata minus secara alami dan bisa mencegahnya agar tidak semakin parah, seperti berikut ini: 

Kacamata atau lensa kontak minus

Penggunaan kacamata atau lensa kontak minus merupakan cara utama yang dianjurkan untuk mengatasi rabun jauh.

Lensa minus digunakan sebagai koreksi agar cahaya bisa jatuh tepat di retina sambil menyesuaikan bentuk bola mata.

Dengan begitu, Anda bisa kembali melihat objek yang berada dalam jarak pandangan maksimal dengan jelas dengan bantukan kacamata atau lensa kontak minus.

Senam mata

Cara mengatasi mata minus secara alami lainnya dengan melakukan seanma mata secara ruttin. Caranya dengan memfokuskan padangan pada objek dalam jarak tertentu.

Anda bisa melakukan latihan ini secara rutin di rumah. Gunakan jari tangan Anda untuk mendapatkan fokus dengan menempatkan jari 25 cm dari depan mata.

Sejajarkan jari dengan benda yang ditentukan sebagai titik fokus. Fokuskan pandangan Anda selama 20 detik pada benda tersebut. Lakukan senam mata ini beberapa kali.

Menghabiskan lebih banyak waktu di luar

Kegiatan di luar ruangan membantu mencegah mata minus karena banyaknya cahaya yang tersedia untuk membantu Anda menangkap bentuk objek dengan jelas.

Sinar UV dari matahari juga diketahui dapat mengubah struktur molekular sari sklera dan kornea sehingga menjaga bentuk normal mata.

Namun, saat melakukan aktivitas di luar dan terkena paparan matahari lama, gunakanlah kacamata hitam untuk melindungi mata Anda.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Ganja Medis yang Penting untuk Kesehatan

Konsumsi vitamin dan makanan yang menjaga kesehatan mata

Cara mengatasi mata minus secara alami selanjutnya adalah dengan mengonsumsi vitamin dan makanan yang bisa menjaga kesehatan mata. 

Sayur-sayuran hijau, buah-buhan, dan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan bermanfaat untuk menjaga mata tetap berfungsi dengan baik.

Selain mengonsumsi makanan sehat untuk mata, hindari juga mengonsumsi rokok dan minum alkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News