Keluarga

Bisa Dicoba, Ini 5 Cara Mengatasi Jerawat Buta Tanpa Meninggalkan Bekas

Bisa Dicoba, Ini 5 Cara Mengatasi Jerawat Buta Tanpa Meninggalkan Bekas

MOMSMONEY.ID - Bisa dicoba, ini 5 cara mengatasi jerawat buta tanpa meninggalkan bekas.

Jerawat buta atau blind pimple, mengutip Healthline, adalah jerawat yang telah berkembang di bawah permukaan kulit. Meskipun tidak terlihat dengan jelas, jerawat jenis ini dapat dirasakan betul benjolannya ketika disentuh.

Berkembang dari kombinasi sebum atau minyak, bakteri, dan kotoran yang terperangkan di pori-pori, jerawat buta bisa terasa sangat menyakitkan.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk segera mengatasinya agar rasa sakit akibat jerawat buta tidak terus berlanjut.

Melansir dari Vogue, ada 5 cara mengatasi jerawat buta tanpa meninggalkan bekas. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Perbedaan Bekas Jerawat PIH dan PIE, Ini Cara Mengatasinya dengan Tepat

1. Coba hydra facial

Perawatan wajah di klinik kecantikan sebulan sekali dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan ternutrisi secara menyeluruh. Juga, bisa mencegah munculnya jerawat buta dan bekasnya yang tidak diinginkan.

Salah satu perawatan yang dapat Anda pilih adalah hydra facial. Hydra facial menggabungkan pembersihan kulit pada tingkat dangkal dan dalam, mikrodermabrasi basah, eksfoliasi, ekstraksi, serta hidrasi yang bermanfaat untuk membantu mengobati semua bentuk jerawat termasuk jerawat buta.

Hydra facial bekerja dengan membersihkan, mengelupas, dan memasukkan produk jauh ke dalam kulit. Sehingga, produksi sebum akan terkendali dan jerawat sekaligus bekasnya akan berkurang.

2. Chemical peeling dengan salicylic acid

Salicylic acid dikenal dengan kemampuannya dalam merawat kulit berjerawat. Sementara chemical peeling bekerja berdasarkan prinsip dasar eksfoliasi pada berbagai lapisan kulit.

Saat digabungkan, chemical peeling dengan salicylic acid akan menjadi perawatan jerawat buta yang efektif untuk membuka pori-pori dengan cara menghilangkan lapisan sel kulit mati di permukaan kulit.

Metode ini juga mampu membantu meredakan peradangan yang sering kali berakhir menjadi bekas jerawat yang mengganggu.

Baca Juga: Dapatkan Kulit Lembab & Glowing, 5 Nutrisi yang Harus Dipenuhi untuk Kulit

3. Ekstraksi komedo atau injeksi kortison

Jika Anda ingin menghilangkan benjolan jerawat buta secara instan tanpa meninggalkan bekas, cobalah ekstraksi komedo atau injeksi kortison di dokter kulit.

Secara fisik, ekstraksi komedo mampu menghilangkan penyumbatan jerawat dari kulit. Bahkan, ekstraksi yang tepat dan hati-hati di bawah pengawasan dokter juga bisa membantu menghilangkan jerawat buta.

Namun, baik ekstraksi komedo maupun injeksi kortison, keduanya merupakan perawatan darurat untuk jerawat buta dan tidak boleh digunakan sebagai bagian dari perawatan jerawat biasa.

4. Pakai kompres hangat

Menempelkan kompres hangat dapat membantu mengangkat benjolan jerawat buta ke permukaan kulit sehingga lebih mudah diobati.

Suhu hangat bisa membuka pori-pori yang pada gilirannya dapat menarik jerawat lebih dekat ke permukaan kulit dan membentuk mata. Pembentukan mata jerawat memungkinkan sebum, sel, dan bakteri keluar dari kulit.

Caranya, rendam kapas atau kain mikrofiber ke dalam air panas (bukan mendidih). Peras lalu tempelkan pada jerawat selama 10-15 menit. Lakukan cara ini sebanyak 3-4 kali sehari sampai jerawat buta matang atau matanya muncul.

Baca Juga: Dapatkan Kulit Lembab & Glowing, 5 Nutrisi yang Harus Dipenuhi untuk Kulit

5. Gunakan bahan aktif

Anda bisa menggunakan benzoyl peroxide dan setetes hydrocortisone pada jerawat buta untuk mengurangi kemerahan dan membunuh bakteri penyebab jerawat di area tersebut.

Untuk mempercepat pergantian sel, aplikasikanlah skincare yang mengandung retinol. Tak hanya mampu membantu menghilangkan kulit mati penyebab pori-pori tersumbat, retinol juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat dengan cepat.

Itulah 5 cara mengatasi jerawat buta tanpa meninggalkan bekas yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News