Bugar

Bisa Dicoba di Rumah, Ini 5 Manfaat Senam SKJ untuk Kesehatan

Bisa Dicoba di Rumah, Ini 5 Manfaat Senam SKJ untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Senam kebugaran jasmani (SKJ) merupakan jenis olahraga aerobik yang memiliki beragam manfaat untuk kesehata tubuh dan bisa dilakukan di rumah.

Contohnya membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan suasana hati, dan mengendalikan berat badan, baik untuk kesehatan mental dan hubungan sosial seseorang.

Dilansir dari beberapa sumber dijelaskan, berikut adalah manfaat senam SKJ yang bisa Anda peroleh, antara lain:

 Baca Juga: Wajib Dicoba! 5 Olahraga Ringan yang Ampuh Menghilangkan Stres

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Banyak penelitian yang menemukan bahwa olahraga dan aktif secara fisik berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh.

Melakukan senam SKJ secara rutin dapat meningkatkan antibodi tertentu dalam darah yang disebut imunoglobulin. Pada akhirnya itu akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Meningkatkan suasana hati

Rutin berolahraga juga dapat meningkatkan suasana hati. Jadi, sebaiknya jangan lewatkan aktivitas ini jika Anda ingin meningkatkan suasana hati.

Melakukan senam SKJ bersama teman-teman dan diiringi musik yang meningkatkan mood dan semangat, telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati jadi lebih bahagia.

Menurunkan berat badan berlebih

Manfaat senam SKJ selanjutnya adalah menurunkan berat badan jika dilakukan rutin. Pola makan sehat dan olahraga merupakan kombinasi yang sempurna untuk menurunkan berat badan. 

Nah, senam SKJ mampu membantumu menurunkan berat badan berlebih dan mempertahankan berat badan ideal.

Baca Juga: Sibuk Bekerja? Ini Sederet Olahraga Mudah yang Bisa Anda Lakukan

Meningkatkan kemampuan kognitif

Manfaat senam SKJ lainnya adalah meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Perlu diketahui, otak mulai kehilangan jaringan setelah Anda mencapai usia 30 tahun.

Namun, para ilmuwan menemukan bahwa melakukan olahraga aerobik secara rutin dapat memperlambat kehilangan jaringan tersebut, dan meningkatkan kinerja kognitif otak.

Tidur jadi lebih nyenyak

Mandaat senam SKJ yang terakhir adalah membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, cobalah untuk melakukan senam SKJ.

Sebuah studi yang dilakukan pada orang yang memiliki masalah tidur mengungkapkan, bahwa melakukan olahraga aerobik secara rutin merupakan cara efektif untuk mengatasi insomnia. 

Selain aktivitas fisik rutin, Anda juga perlu disiplin menerapkan pola hidup sehat lain, seperti mengonsumsi makanan sehat, istirahat cukup, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Jika Anda memiliki penyakit atau kondisi medis yang membatasi kemampuan untuk berolahraga atau bergerak, berkonsultasilah dulu dengan dokter sebelum Anda melakukan senam SKJ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News