Bugar

Bisa Dicoba! 5 Pengganti Gula Ini Aman untuk Penderita Diabetes

Bisa Dicoba! 5 Pengganti Gula Ini Aman untuk Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Pengganti gula bisa menjadi alternatif untuk penderita diabetes agar bisa menikmati makanan dan minuman manis dengan pengaruh minimal terhadap kadar gula darah. 

Kemenkes RI menyarankan, kebutuhan gula harian orang sehat dalam sehari tidak lebih dari 50 gram atau setara 4 sendok makan. Jika diabetes, ada batasan yang harus dikurangi lagi. 

Penderita diabetes harus mengontrol kadar gula darahnya. Hal ini penting untuk mencegah komplikasi diabetes serta semakin memperparah penyakit lainnya.

Menggunakan pengganti gula untuk diabetes adalah salah satu cara agar penderita diabetes bisa menikmati makanan dan minuman manis secara lebih aman.  

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa pilihan pengganti gula untuk diabetes yang aman untuk dikonsumsi dan bisa Anda coba, antara lain: 

Sukralosa

Sukralosa adalah pemanis buatan yang terbuat dari sukralosa. Sukralosa memiliki kalori yang rendah, dengan tingkat kemanisan 600 kali lebih manis dari gula biasa.

Itu sebabnya, sukralosa sering dijadikan pengganti gula untuk diabetes. Jika sebagian besar pemanis buatan tidak tahan terhadap suhu tinggi, berbeda dengan sukralosa yang tahan panas. 

Untuk memasak makanan bagi penderita diabetes, sukralosa bisa digunakan. Gula untuk diabetes jenis sukralosa ini tergolong aman dengan batas toleransi konsumsi 5 mg/kg berat badan.  

Aspartame

Aspartame adalah pemanis buatan yang 200 kali lebih manis dari gula pasir. Pemanis ini sudah sering digunakan pada berbagai produk makanan, termasuk diet soda. 

Aspartame tidak aman dikonsumsi untuk orang yang memiliki penyakit genetik langka phenylketonuria (menyebabkan asam amino phenylalanine menumpuk di dalam tubuh). 

FDA mengatakan bahwa aspartame aman dikonsumsi dengan batas asupan harian 50 mg per kg (berat tubuh). Aspartame juga termasuk pemanis buatan yang mudah ditemukan di pasaran.  

Tagatose

Tagatose adalah pemanis buatan dalam bentuk fruktosa yang memiliki tingkat kemanisan 90% lebih manis dari sukrosa. 

Beberapa penelitian menyatakan bahwa gula untuk diabetes jenis tagatose juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Bahkan, hal itu bisa sekaligus membantu penanganan obesitas.

Produsen sering menggunakan tagatose dalam makanan sebagai pemanis rendah kalori. Akan tetapi, tagatose bisa Anda temukan secara alami dalam buah apel, jeruk, dan nanas.  

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Buah Matoa yang Jarang Diketahui

Sakarin

Sakarin adalah pemanis buatan lain yang cukup populer. Sakarin bebas kalori dan 200-700 kali lebih manis dibandingkan dengan gula pasir.

Menurut FDA, batas asupan harian sakarin adalah 5 mg per kg berat badan. Sakarin termasuk pemanis buatan yang mudah ditemukan di pasaran. 

Neotame

Pemanis buatan untuk diabetes terakhir adalah neotame. Neotame adalah pemanis buatan rendah kalori yang 7000-13000 kali lebih manis dibandingkan dengan gula pasir.

Menurut FDA, neotame dapat digunakan sebagai pemanis dan penambah rasa semua jenis makanan kecuali daging, termasuk daging ayam. 

Punya diabetes bukan berarti Anda tidak bisa menikmati makanan manis. Anda bisa menyiasatinya dengan pengganti gula, seperti pemanis buatan, tapi tetap dengan jumlah yang dibatasi. 

Pengganti gula untuk diabetes idealnya memiliki kalori yang rendah. Dengan demikian, kadar gula darah Anda tidak akan melonjak terlalu tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News