Bugar

Bisa Dicoba, 5 Cara Aman Meratakan Gigi Tanpa Behel

Bisa Dicoba, 5 Cara Aman Meratakan Gigi Tanpa Behel

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa cara aman meratakan gigi tanpa behel yang bisa Anda coba. Penggunaan behel alias kawat gigi sering dimanfaatkan untuk meratakan gigi. 

Pemasangan alat bantu ini dilakukan oleh dokter gigi yang berpengalaman dan biasanya membutuhkan perawatan dalam jangka waktu tertentu. Pemeriksaan rutin juga perlu dilakukan untuk memastikan kawat gigi berfungsi dengan baik.  

Untungnya ada beberapa cara aman merapikan gigi yang bisa Anda coba tanpa behel. Dilansir dari Health Focus, inilah beberapa cara aman meratakan gigi tanpa behel yang bisa Anda coba, antara lain: 

1. Dental crown 

Cara aman meratakan gigi tanpa behel adalah menggunakan dental crown.  Pemasangan mahkota gigi tiruan atau dental crown bertujuan untuk memperbaiki bentuk maupun ukuran gigi. 

Biasanya, prosedur ini dilakukan pada kasus gigi patah, retak, atau tidak rata, serta pada gigi berlubang dan gigi yang berubah warna. 

Mahkota buatan ini biasanya bertahan selama 5 tahun sampai 15 tahun, tergantung pada bahan dan perawatan yang dilakukan.  

Baca Juga: Bisa Mengatasi Jerawat, Ini Sederet Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

2. Dental bonding 

Cara aman meratakan gigi tanpa behel berikutnya dengan menggunakan dental bonding.  

Umumnya, dental bonding dilakukan untuk memperbaiki gigi yang pecah, berlubang, retak, atau berubah warna. Ternyata, prosedur ini juga cukup efektif untuk memperbaiki gigi yang tidak rata, meliputi bentuk dan ukuran gigi. 

Hal ini biasanya terjadi karena gigi patah, pecah, renggang, atau gigi bercelah. 

3. Veneer

Cara meratakan gigi tanpa behel dengan aman selanjutnya menggunakan veneer. Orang umumnya mengenal veneer sebagai prosedur untuk memutihkan gigi.  

Padahal selain untuk memutihkan gigi, veneer juga bisa digunakan untuk merapikan gigi.  

Prosedur perbaikan gigi dengan veneer dilakukan dengan cara memasang cangkang buatan ke gigi yang tidak rapi. 

4. Contouring 

Cara meratakan gigi tanpa behel selanjutnya adalah dengan dental contouring atau dental reshaping. 

Dokter gigi akan mengikir sedikit enamel gigi menggunakan alat khusus. Nantinya, permukaan gigi yang tidak rata akan diperhalus sehingga susunan gigi terlihat lebih rapi. 

Namun, cara ini tidak cocok untuk semua orang. Dental contouring sebaiknya tidak dilakukan pada gigi yang sensitif, gusi tidak sehat, atau gigi bolong.  

Baca Juga: Moms Waspadai! Ini 5 Bahaya Makanan Junk Food yang Perlu Anda Ketahui

5. Aligner

Agar terlihat lebih rapi dan tidak terlalu renggang, gigi disangga dengan alat yang terbuat dari bahan plastik bening yang disebut aligner.  

Tentunya Anda harus cek dan konsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang paling tepat untuk kondisi gigimu.  

Itulah beberapa cara aman meratakan gigi tanpa behel yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News